Pendaftaran Beasiswa SBMPTN 2017/2018

SBMPTN - Info Cara untuk Pendaftaran khusus SBMPTN lihat SBMPTN tahun 2017/2018 selengkapnya melalui beberapa ketetan Pendaftaran khusus SBMPTN untuk bisa mengikuti Pendaftaran Khusus SBMPTN secara Umum. Ada beberapa pilihan Pendaftaran SBMPTN yang bisa anda ikuti seperti Pendaftaran SBMPTN Bukan Bidik Misi atau Reguler SBMPTN, atau SBMPTN Bidik Misi Gratis dimana peserta yang tidak lulus SNMPTN Bidik Misi bisa ikuti kembali tes SBMPTN, selain itu bagi peserta yang mendaftar Gratas bisa ikuti seleksi ini.

Perbedaan dari SBMPTN Bidik Misi Gratis atau Bayar adalah terletak pada Pembayaran Uang Pendaftaran Bagi yang Bayar harus membayar Uang Pendaftaran SBMPTN terlebih dahulu. Nah hal seperti ini akan dibahas secara rinci dibawah ini seperti apa pembahasan kita kali ini untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini mengenai Pendaftaran Online SBMPTN keseluruhan.

Jika sudah membahas mengenai Pendaftaran beberapa Seleksi Masuk pasti kalian semua mulai merasa bahwa informasi seperti ini memang penting untuk diketahui mengingat ada banyak peserta diluar sana menunggu dan ingin mengakses informasi Pendaftaran yang dilaksanakan secara Online, sebelum melanjutkan inti dari permasalahan kita kali ini kita akan simak terlebih dahulu mengenai SBMPTN.



SBMPTN merupakan salah satu seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dimana untuk bisa mengikuti ini tidak perlu syarat khusus asalkan kalian salah satu peserta lulusan SMA/SMK/MA sederajat setidaknya tiga tahun terkahir terhitung dari tahun ini sudah dipastikan bisa mengikuti seleksi atua Pendaftaran SBMPTN, tidak perlu rekomendasi sekolah seperti jalur SNMPTN.

Kalau sebelumnya kita sudah membahas mengenai seleksi khusus PTN untuk yang berprestasi pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai beberapa hal untuk jalur Umum SBMPTN, sistem seleksi yang dilakukan melalui ujian tertulis bahkan ada banyak calon peserta diluar sana mempersiapkan diri bahkan ada yang bela-belai ikut Bimbingan Belajar.

Demi untuk mencapai hasil kelulusan, karena tolak ukurnya adalah hasil seleksi tertulis yang ada, pencapaian dari seleksi bergantung pada nilai Tes Potensi Akademik sebesar 60 % kemudian sisanya ada di Kemampuan Dasar dan Bidang Studi hal ini menjadi peluang tersendiri bagi peserta yang ingin mengikuti seleksi SBMPTN.

Menariknya adalah ritual khusus SBMPTN pada saat mengikuti seleksi nantinya biasanya peserta harus cek tempat seleksi pada waktu yang telah ditentukan tepat satu hari sebelum tes jadi terlihat siswa berbondong-bondong mencari tempat tes dan inilah yang menarik dari SBMPTN membuat seleksi makin terasa seru, untuk bisa lulus seleksi memang bukan sekedar mengerjakan soal saja dan menjawab.

Karena jika peserta benar menjawab maka poin soalnya 4 sedangkan salah -1, ada patokan Passing Graide yang harus dicapai oleh peserta SBMPTN dimana dari masing-masing jurusan berbeda tetapi secara umum yang dipastikan paling tinggi setiap kampus adalah untuk Kedokteran, selanjutnya diikuti dari masing-masing jurusan yang ada di Kampus.

Faktor Kampus juga menjadi salah satu kriteria penentuan Passing Graide terutama bagi Akreditas A lebih tinggi dibandingkan dari lainnya. Semua itu beberapa hal mengenai Passing Graide dan ketentuan seleksi sebelum sampai pada pembahasan ini sebagai salah satu Peserta SBMPTN ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai modal utama adalah proses pendaftaran. Panitia Seleksi SBMPTN membaginya menjadi 3 katagori seperti dibawah ini.


1. Pendaftaran Online SBMPTN Bukan Bidik Misi.

Bagi anda peserta SBMPTN Non Bidik Misi tentu sedikit perbedaan dalam proses login 1 ataupun login 2 hal ini kita ketahui bahwa SBMPTN bagi peserta Reguler memiliki perbedaan yaitu jika peserta lulus seleksi ini tidak akan menerima Beasiswa Bidik Misi hanya lulus sebagai peserta SBMPTN Reguler. Pendaftaran dilaksanakan secara Online melalui situs resmi http://Pendaftaran.SBMPTN.ac.id. Dalam pemilihan SBMPTN jalur ini anda bisa melihat petunjuk yang ada pada tampilan situs dan pilih dari salah satu panel.


2. Pendaftaran Online SBMPTN Bidik Misi Gratis.

Untuk peserta Bidik Misi yang mengikuti seleksi jalur SBMPTN khusus mereka yang Gratis disini kami menjelaskan perbedaannya dengan SBMPTN Bidik Misi Bayar adalah terletak pada Uang Pendaftarannya dimana peserta tidak harsu membayar biaya Pendaftaran, atau mereka yang tidak lulus jalur SNMPTN Bidik Misi ingin kembali ikuti tes SBMPTN dengan menggunakan Pin dan Kap pendaftaran lama, caranya sama tinggal akses situs http://Pendaftaran.SBMPTN.ac.id kemudian pilih Panel Peserta Bidik Misi.


3. Pendaftaran Online SBMPTN Bidik Misi Bayar.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya Pendaftaran Bidik Misi SBMPTN dibagi menjadi dua salah satunya adalah ini, diperuntukan bagi mereka peserta SBMPTN yang baru mendaftar melalui seleksi Bidik Misi tentu harus membayar uang Pendaftaran, dengan cetak bukti pembayaran dan melakukan Pendaftaran situs resmi Bidik Misi untuk info Pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi http://Pendaftaran.SBMPTN.ac.id secara Online.


Tiga poin diatas merupakan pilihan dalam seleksi SBMPTN selain itu langkah lanjutan yang harus dilakukan adalah mengikuti beberapa hal yang berkaitan dengan Pendaftaran caranya cukup mudah bagi anda yang ingin mendaftar SBMPTN ada 3 katagori pemilihan dan kemudian lakukan Pendaftaran melalui situs Pendaftaran.SBMPTN.ac.id dengan mengikuti ketentuan Pendaftaran sebagai berikut.


1. Login 1 SBMPTN.

Login 1 SBMPTN merupakan salah satu cara untuk melakukan Login bagi peserta Baik SBMPTN Reguler maupaun Bidik Misi, pada tahap ini peserta diminta untuk mencetak bukti pembayaran SBMPTN terlebih dahulu atau bahasa kerennya cetak Slip Pembayaran, dengan memasukan nama Lengkap dan memasukan beberapa data diri dan Capta setelah tercetak maka bawa bukti ini ke Bank.


2. Pembayaran SBMPTN 

Bagi kalian peserta SBMPTN Reguler dan Bidik Misi Bayar ada tahap dimana kalian harus membayar uang Pendaftaran Sebesar 200 rb bisa melalui Teller Bank, ATM atau Internet Bangking Bank Mandri dan BNI, dengan membawa bukti yang telah anda cetak melalui Login 1 SBMPTN, setelah membayar ke Bank maka anda akan mendapatkan Bukti Pembayaran Berupa Data Nama Legkap dan KAP baru serta PIN yang harus dijaga kerahasiaannya. Ibarat Vocer Pulsa.


3. Login 2 SBMPTN.

Setalah mendapatkan bukti pembayaran dari Bank Gunakan KAP dan PIN yang ada untuk melakukan Pendaftaran Pada Login 2 atau panel pada situs Pendaftaran.SBMPTN.ac.id yang paling kanan, jika sudah jangan lupa masukan CAPTAH dan kompirmasi nantinya anda akan menuju tahapan berikutnya.


4. Unggah Foto SBMPTN.

Pada proses ini setalah masuk anda akan diminta untuk mengkompirmasi unggah Foto untuk besaran harus dibawah 1 mb ukuran 400x600 Pixel untuk layar bebas dan foto yang diunggah harus foto resmi jika belum sesuai dengan ukuran diharapkan untuk edit foto bagi yang menggunakan windows bisa edit melalui Paint dan untuk yang menggunakan IOS bisa gunakan Aplisaksi edit Foto. Jika sudah jangan Lupa untuk Seve dan lanjut pada tahap berikutnya.


5. Pengisian Biodata Peserta SBMPTN.

Pada tahapan ini peserta harus mengikuti dan mengisi beberapa biodata diri dan biodata orang tua dalam pengisian ini gunakan Kartu Keluarga sebagai referensi anda dalam Pengisian isilah dengan benar, untuk memastikan data benar anda harus memerksa sebelum mengirim Berkas, jika sudah seleesai klik lanjut.


6. Pengisian Informasi Pendidikan Peserta SBMPTN.

Nah langkah yang harus dilakukan adalah Pengisian Informasi mengenai Data Pendidikan anda selama sekolah jangan sampai salah dan gunakan Ijasah atau bukti tanda lulus lainnya untuk menjadi referensi pengisian data, usahakan cek sebelum menekan Lanjut kemudian bisa ikuti sesuai dengan Petunjuk Pendaftaran.

7. Pilih Lokasi Ujian dan Program Studi SBMPTN.

Pada tahap ini anda harus memilih Lokasi Ujian sesuai dengan tempat yang anda inginkan selanjutnya pilihlah Program Studi ada 3 Pilihan anda bisa memilih Saintek, Soshum ataupun Campuran dari yang ada dan bisa memilih satu kampus sama tetapi berbeda jurusan saja, atau jurusan yang sama tetapi kampus tujuan berbeda-beda atau lainnya bisa disesuaikan jangan lupa klik lanjut.


8. Kompirmasi Data SBMPTN.

Setelah melakukan pengisian data ada tahap kompirmasi data dimana semua data yang sudah dikompirmasi tidak akan bisa dirubah kembali maka dari itu sebelum dilakukan diharapakn cek terlebih dahulu agar apa yang telah diisi sesuai dengan data diri atau Identitas yang digunakan dan berjalan dengan baik setelah tersimpan maka bisa mengikuti tahap selanjutnay.


9. Pemilihan Ujian SBMPTN.

Dalam Proses ini anda bisa memilih Ujian bisa mengikuti CBT jika anda malas melingkari Jawaban, tetapi kuota tes ini terbatas dan hanya beberapa kampus saja yang siap dalam ujian CBT, tetapi bagi kalian yang ikut SBMPTN sudah pasti memilih PBT untuk ujian seperti biasa yaitu menggunaakan tertulis melingari jawaban klik lanjut.


10. Cetak Tata Tertib Ujian dan Kartu Peserta SBMPTN.

Nah setelah semua berkas disimpan dilanjutkan maka sampailah pada tahapan bagian cetak mencetak disarankan selain mencetak Kartu peserta anda juga harus mencetak Tata Tertib yang isinaya penjelasan mengenai mekanisme tes dan atuaran serta Tata Tertibnya. Setelah selesai jangan lupa Log Out atau kelur sebelum meninggakan komputer atau PC anda.

Pada kartu Peserta Tes anda anda mengetahui Lokasi Tes anda kemudian Jangan Lupa mengisi Alamat dan tanda tangan anda pada kartu peserta untuk jadwal tes bisa dilihat pada print out kartu. Sekali lagi untuk mengingatkan anda bahwa cek tempat tes dilaksanakan satu hari sebelum Seleksi dilaksanakan maka dari itu kalian harus lihat lokasi tesnya telebih dahulu.

Mudah kan untuk mendaftar SBMPTN tingal ikuti cara singkat dan ini ditujukan bagi kalian yang belum memahami tata cara Pendaftaran, jika anda membutkan informasi mengenai Pendaftaran anda bisa melakukan Login dengan mengingat Password yang ada. Dari beberapa informasi diatas maka dapat disimpulan Pendaftaran Online SBMPTN bisa dilakukan dengan 10 langkah mudah seperti diatas.

Semoga apa yang telah kami berikan dapat memberikan manfaat untuk kita semua terutama bagi peserta SBMPTN tahun ini yang mengikuti seleksi, jika terdapat perbedaan Informasi dari situs resmi maka yang digunakan info pada situs resmi demikianlah info ini kami berikan semoga bisa membantu anda dalam proses Pendaftaran Online SBMPTN. Selamat Mencoba.

Subscribe to receive free email updates: