Pendaftaran Beasiswa SNMPTN 2017/2018

SNMPTN - Cara Pendaftaran secara Online khusus SNMPTN melalui Pendaftaran tahun 2017/2018 simak Pendaftaran secara Online dan Tata Cara sesuai Pendaftaran serta SNMPTN. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu seleksi paling diminati oleh peserta siswa baru. Lulusan SMA/SMK/MA sederajat bisa mengikuti semua ketentuan pendaftaran yang ada jika berminat mengikuti seleksi ini.

Sudah menjadi tradisi siswa/i yang telah lulus sekolah memilih beberapa pilihan, sebagian memilih bekerja jika memiliki kesempatan langsung mendapatkan pekerjaan dan sebagian lagi mencoba keberuntungan untuk kuliah di PTN hal ini dirasa cukup efektif untuk menjadikan diri lebih baik. Tentu sudah menjadi sebuah hal yang wajah jika Siswa memburu PTN untuk bisa melanjutkan Kuliah dikarenakan beberapa hal.

Seperti pendidikan disuatu Perguruan Tinggi Negeri yang berkualitas, ada ratusan ribu orang yang menginginkan hal tersebut tetapi semakin besar animo peserta akan semakin kecil peluang untuk bisa lulus PTN, semua setimpal dengan apa yang akan didapat setelah lulus nanti. Ada banyak jalan menuju rumah begitu juga ada banyak jalan menuju Perguruan Tinggi Negeri.





Semua ketentuan Pendaftaran akan fokus pada satu titik yaitu jalur masuk, Sebut saja seperti yang akan kita bahas kali ini SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi yang menggunakan sistem ujian undangan dimana tolak ukur untuk seleksi ini adalah nilai rapot yang dientri oleh sekolah. Tidak seperti jalur masuk pada umumnya bisa dibilang SNMPTN merupakan seleksi untuk masuk perguruan Tinggi Khusus mereka yang berprestasi.

Hanya mereka yang mendapatkan rekomendasi sekolah saja yang bisa mengikuti seleksi SNMPTN, meski begitu tidak menyurutkan semangat para peserta untuk lulus. SNMPTN jika kita mengingat jauh sebelum sekarang beberapa tahun kebelakang seleksi SNMPTN menggunakan sistem ujian tertulis, setelah dikaji ulang ternyata ujian tertulis belum dirasa cukup untuk menyaring Siswa yang memiliki Prestasi baik selama sekolah.

Hal ini membuat Pemerintah mulai mengganti sistem ujian tertulis menjadi undangan, sampai saat ini ketetapan itu sudah permanen pada SNMPTN memang ada untung dan rugi bagi perubahan tersebut tetapi tujuan dari SNMPTN adalah menyaring Siswa yang berprestasi saat sekolah agar bisa melanjutkan kuliah dengan hasil yang telah didapat selama sekolah.

Sekarang SNMPTN kita kenal dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan sistem undangan dimana seperti yang telah dibahas diatas mereka yang mendapatkan rekomendasi sekolah saja yang bisa melakukan Pendaftaran jalur ini sementara bagi yang tidak harus mencari jalur Masuk lain untuk mengikuti seleksi PTN, tidak hanya satu jalur ini saja PTN di Indonesia membuka beberapa jalur masuk.

Tetapi kali ini kita akan fokus membahas mengenai SNMPTN, Nantinya sekolah memiliki peran aktiv dalam proses Pendaftaran Nilai Rapot selama sekolah SMA/SMK/MA sederajat akan di entri melalui Online setelah proses selesai sebagai tanda siswa yang sudah direkomendasikan akan mendapatkan Username dan Password untuk melakukan Pendaftaran.

Jika sudah sampai pada tahap ini berarti rekomendasi berjalan dengan baik baru setelah itu Siswa yang dimaksud bisa melakukan Cara Pendaftaran Online SNMPTN tanpa harus membayar uang Pendaftaran sebab untuk seleksi ini Gratis. Dalam seleksi SNMPTN ada beberapa hal yang menjadi ketentuan kelulusan atau seleksi.

Pertama nilai rapot siswa akan diverikasi dimana masuk dalam proses perangkingan untuk mereka masuk dalam urutan rangking kuota Pendaftaran akan dinyatakan lulus sementara bagi yang tidak masuk dinyatakan tidak lulus. Selain dari pada itu seleksi Faktor Akreditasi sekolah menjadi nilai tambah untuk memenuhi daya serap kuota SNMPTN seperti contoh jika Sekolah yang memiliki akreditasi A akan mendapatkan persentasi kuota sebesar 75 % sedangkan untuk sekolah yang memiliki Akreditasi B akan memiliki peluang kuota 50 %.

Begitu juga untuk sekolah yang memiliki akreditasi C akan mendapatkan jatah kuota sebesar 25 % sementara untuk sekolah yang baru mendapatkan akreditasi atau terdaftar saja akan mendapatkan kuota SNMPTN sebesar 5 %. Dari data ketentuan tersebut itu merupakan persentasi kemungkinan sekolah anda mendapatkan kuota pada SNMPTN.

Tidak hanya dilihat dari itu saja ada hal lain selain Nilai Rapot yang harus memiliki Grafik menanjak semalam sekolah mulai dari kelas X Semester 1,2 sampai kelas XI dan XII Semester 1,2 baiknya memiliki grafik menanjak dan terus meningkat sebagai contoh Nilai Rapot semala sekolah kelas X harus terus meningkat pada kelas XII dan seterusnya.

Belum lagi biasanya PTN atau Panitia lebih memprioritaskan Sekolah Negeri dibandingkan Non Negeri, tetapi jangan kwatir meski begitu kesempatan lulus untuk sekolah Non Negeri juga sama. Pertimbangan lain untuk menentukan kelulusan adalah alumni yang sudah kuliah di PTN tersebut sebagai contoh jika Siswa dari Sekolah A pada tahun sebelumnya memiliki jejak rekam pendidikan baik dan memiliki prestasi bagus baik itu bidang akademik ataupun Non akademik bukan tidak mungkin tahun berikutnya penjaringan pada sekolah tersebut akan ditingkatkan terutama pada jalur seleksi SNMPTN.

Tetapi sebaliknya jika Siswa dari Sekolah B yang telah kuliah memiliki Prestasi Buruk Selama Kuliah bahkan jauh dari harapan maka hal ini juga menjadi pertimbangan kemungkinan tahun berikutnya kuota untuk sekolah tersebut akan dikurangi. Itu semua menjadi bahan pertimbangan untuk Panitia menentukan kelulusan dari beberapa hal lainnya.

Meski begitu hal yang tidak kalah penting adalah Sekolah harus jeli dalam melihat peluang untuk merekomendasikan Siswanya jangan sampai bertumpuk pada satu jurusan tujuan saja atau pada satu kampus saja supaya siswa yang terjaring SNMPTN lebih banyak lagi. Diluar dari itu faktor keberuntungan menjadi peran selanjutnya jika memang sudah berusaha sesuai dengan ketentuan yang menjadi akhir adalah doa untuk bisa lulus.

Jangan sampai sekolah anda adalah sekolah Favorite tatapi siswa yang ada didalamnya tidak ada satupun yang lulus SNMPTN 2017, itu bisa jadi strategi sekolah dalam merekomendasikan siswanya sedikit kurang tepat. Lepas dari itu semua disini kita akan memberikan ketentuan lanjutan mengenai Pendaftaran untuk itu kalian harus memperhatikan beberapa hal seperti dibawah ini.


Pendaftaran Online PDSS Sekolah.

Dalam proses seleksi untuk SNMPTN sekolah memiliki peran paling penting karena tahap awal pihak sekolah harus merekomendasikan sekolah melalui situs resmi http://web.snmptn.ac.id dengan login siswa apabila sekolah anda sudah terdaftar maka langkah selanjutnya bisa langsung login sekolah, tetapi bagi sekolah yang belum terdaftar bisa mendaftarkan terlebih dahulu pada jadwal Pendaftaran Sekolah.

Setelah berhasil Login sekolah harus mengisi dan memverifikasi semua kelengkapan siswa siswa mengisi Data Nilai Rapot Siswa selama sekolah, nantinya Setiap siswa berhak memilih Satu Jurusan atau Program Studi dari satu PTN sesuai dengan jurusan disekolah sebagai contoh jika siswa anda jurusan IPA maka bisa memilih Jurusan yang ada dikatagori Saintek, seperti itu juga bagi siswa IPS bisa dipihkan jurusan yang ada pada Soshum.

Setelah mengetahui hal tersebut pihak sekolah harus memberikan penjelasan kepada siswa mengenai pemilihan, agar pada saat proses pendaftaran login siswa tidak terjadi kesalahan. Pada proses Pendaftaran PDSS Sekolah Pendaftaran akan selesai ditandai dengan Username berupa NISN yang ada dan Password sudah terdaftar dan bisa digunakan, selanjutnya diserahkan ke siswa untuk melengkapi berkas Pendaftaran sampai pada tahap ini sekolah sudah selesai merekomendasikan siswanya. Untuk siswa lain begitu juga tinggal mengulang cara yang sama untuk proses Pengisian atau Entri data PDSS bisa mengikuti Petunjuk Pendaftaran yang ada pada situs SNMPTN.


Pendaftaran Online PDSS Siswa/i

Untuk siswa bagi yang telah mendapatkan rekomendasi sekolah berupa Usename berisi NISN terdaftar dan Password dari pihak sekolah bisa meneruksan login 2 yaitu Login siswa melalui situs resmi http://web.snmptn.ac.id dengan memilih login siswa. Pada proses Pendaftaran ini siswa bisa mengisi beberapa ketentuan Pendaftaran yang ada pada situs seperti Biodata diri, Biodata Orang tua, atau Latar Belakang Pendidikan, Bukti Prestasi Baik Akademik dan Non Akademik.

Ketentuan pengisian Dapat diikuti melalui situs resmi tersebut, dalam pemilihan data harus dipastikan bahwa anda hanya memilih salah satu jurusan yang ada sesuai dengan jurusan Sekolah anda sebagai contoh Siswa dari IPA bisa memilih Saintek, dan siswa dari IPS bisa memilih jurusan katagori Soshum, ada sedikit perbedaan bagi peserta SNMPTN Bukan Bidik Misi dan Peserta SNMPTN Bidik Misi.

Tertera pada kolom Verifikasi Peserta Bidik Misi anda bisa mengkosongkan bagi yang bukan peserta SNMPTN Bidik Misi dan mengisi data sesuai yang ada jika Peserta Bidik Misi yang ingin mengikuti seleksi SNMPTN. Jika semua berkas yang ada sudah dirasa benar maka siswa yang bersangkutan harus menyimpan dan mengirim data sampai selesai.

Pendaftaran Selesai ditandai dengan semua berkas sudah terisi dengan banar dan sesuai ketentuan yang ada termasuk Foto anda kemudian Peserta diharapkan mencetak tata tertib dan ketentuan mengenai Seleksi SNMPTN dan Kartu Peserta anda sebagai tanda bukti Peserta SNMPTN aktiv yang sudah menyelesaikan semua proses Pendaftaran.

Nantinya setelah Pendaftaran Selesai peserta tidak mengikuti tes tinggal tunggu Pengumuman SNMPTN pada waktu yang telah ditentukan. Apabila anda dinyakatan lulus maka tahapan selanjutnya melakukan Verifikasi Pendaftaran Ulang pada situs resmi SNMPTN.ac.id dan registrasi ke kampus lulusan anda dan ikuti sampai selesai. Bagi yang tidak lulus jangan berkecil hati bisa mengikuti seleksi lainnya seperti SBMPTN yang dilaksanakan setelah SNMPTN. Selamat mencoba semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates: