Beasiswa LPDP 2018/2019

Beasiswa LPDP - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai Beasiswa LPDP sebenarnya apa sih Beasiswa LPDP itu, banyak sekali dari kita merasa bahwa LPDP merupakan beasiswa yang dibuka setiap tahun dan memiliki jenjang paling lama, bisa dibilang hampir sepanjang tahun penerimaan LPDP dilaksanakan apakah hal itu memang benar atau tidak mari kita cari fakta dan data yang ada di lapangan.

Secara Umum LPDP memiliki singkatan dari Lembaga Pengelola dana pendidikan yang langsung bekerjasama sama dengan kementerian keuangan, Kemdikbud, Kementerian Agama serta Beasiswa Bidik Misi, dari kerjasama inilah lahir beasiswa LPDP ada banyak sekali keunggulan beasiswa ini sampai saat ini penerimaan untuk beasiswa LPDP tergolong sangat tinggi peminatnya hanya saja untuk bisa mengikuti seleksi LPDP ini peserta harus mengikuti semua ketentuan seperti memehuni segala bentuk persyaratan Pendaftaran.

Muncul sebuah pertanyaan sederhana mengapa orang tidak memilih LPDP sebagai beasiswa padahal peluangnya cukup besar, jawaban itu sangat sederhana biasanya mereka tidak memenuhi persyaratan Pendaftaran, yang paling berat dari semua persyaratan adalah nilai Toefel Bahasa Inggris yang paling kecil 450 untuk program 3T dan lainnya mencapai 500 baik itu beasiswa S2 dan S3.

Pendaftaran Beasiswa LPDP

Menurut informasi yang kami dapat dari beberapa peserta beasiswa Bidik Misi LPDP tahun lalu bahwa LPDP memberikan beasiswa kepada seluruh Mahasiswa yang dianggap memenuhi semua persyaratan tanpa batasan kuota jadi bisa dibilang jika kalian ingin mengikuti seleksi ini tidak ada batasan kuota pendaftaran, mereka yang dianggap layak oleh LPDP akan mendapatkan beasiswa tersebut.

Tanpa membatasi jumlah peserta yang mendaftar, istilah saat ini bukan kita mencari beasiswa tetapi beasiswa itu sendiri yang mencari kita, LPDP masih menyediakan tanpa batas kuota meski begitu hanya sedikit yang memenuhi persyaratan pendaftaran seperti kita bahas sebelumnya mengingat ada banyak sekali beasiswa LPDP yang disiapkan. Selain itu seperti yang telah dibahas diatas saat ini LPDP membuka penerimaan Beasiswa hampir sepanjang tahun.

Jika kita urutkan beberapa ketentuan Pendaftaran LPDP tentu dari gelombang 1 sampai terkahir akan sampai pada satu tahun penuh, ayo silahkan kalian semua para mahasiswa bergegas untuk melakukan pendaftaran, LPDP menyiapkan beberapa katagori beasiswa yang bisa dipilih apa saja berikut informasi mengenail Bentuk Beasiswa LPDP seperti dibawah ini untuk lebih jelas langsung saja simak selengkapnya.


Beasiswa Pendidikan Indonesia

Beasiswa LPDP Megister (S2) dan Doktor (S3)

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri. Info lengkap dapat dibaca melalui http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/beasiswa-magister-doktor/


Beasiswa LPDP Beasiswa Tesis (Tugas Akhir S2) dan Disertasi (Tugas Akhir S3)

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) program Tesis/Disertasi ditujukan bagi para mahasiswa Magister atau Doktoral yang memiliki keterbatasan dana untuk menyelesaikan tesis/disertasinya, baik yang sedang belajar di dalam negeri maupun luar negeri. Tujuan program ini adalah untuk mempercepat tersedianya lulusan Magister atau Doktoral yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan teknologi. Bagi kalian yang sudah masuk jenjang semester akhir baik S2 atau S3 dapat mengajukan beasiswa penelitian Tesis maupun Disertasi. Info lebih jelas simak http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/beasiswa-tesis-disertasi/


Beasiswa LPDP Afirmasi (Daerah 3T)

Bagi kalian yang masuk dalam daerah Terpencil bisa mengajukan beasiswa afirmasi, ini merupakan peluang besar untuk bisa diikuti apalagi untuk Toefel tidak terlalu besar sekitar 450. Indonesia memiliki wilayah luas dengan karakteristik geografis dan sosiokultural yang heterogen. Oleh sebab itu, diperlukan kontribusi dari sumber daya berkualitas untuk menjadi katalisator perluasan dan percepatan pembangunan ekonomi negara ini. Indonesia masih menghadapi masalah pembangunan yang belum merata di setiap wilayah. Salah satu sebabnya, sebaran SDM berpendidikan tinggi belum merata. Untuk memeratakan pembangunan, diperlukan upaya khusus untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah perbatasan dan/atau tertinggal. Pendaftaran dilaksanakan melalui http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/beasiswa-afirmasi/


Beasiswa LPDP Pendidikan Dokter Spesialis 

Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program spesialis di Perguruan Tinggi di dalam negeri. Info Pendaftaran dilaksanakan melalui http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/beasiswa-pendidikan-dokter-spesialis/


Beasiswa LPDP Presidental Sholarship

Garuda 2045: “Indonesia Presidential Scholarship” adalah program beasiswa magister & doktor yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia melalui LPDP dengan menggunakan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola oleh LPDP bekerjasama dengan pihak Kepresidenan RI untuk menempuh studi pada perguruan tinggi terbaik di dunia. Pendaftaran dilaksanakan http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/presidential-scholarship/

Info diatas masuk dalam katagori BPI jika dibagi menjadi beberapa kelompok maka LPDP memiliki beberapa katagori beasiswa selain dari Beasiswa Pendidikan Indonesia, juga ada Pendanaan Riset disini meliputi beberapa ketentuan yang ada dalam kajian tersebut kita akan melihat beberapa informasi yang sudah dijelaskan seperti dibawah ini untuk lebih jelas simak selengkapnya berikut ini.



Pendanaan Riset

Bantuan Dana Riset Inovatif-Produktif (RISPRO) 

Bantuan Dana RISPRO adalah program pendanaan riset bersifat multidisiplin dan dilaksanakan dalam tahun jamak (multiyears) yang ditujukan untuk mendorong inovasi produk riset dan mengarah pada komersialisasi/implementasi luaran riset. Tujuan bantuan dana ini agar dapat mendorong riset yang dapat meningkatkan daya saing bangsa info pendaftaran dilaksanakan melalui http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/pendanaan-riset/kebijakan-pendanaan-riset/


Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional 

Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional merupakan salah satu bentuk penganugerahan kepada periset atau kelompok periset yang telah berhasil mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal internasional yang terindeks lembaga profesional. Penghargaan Publikasi Ilmiah Internasional ditujukan untuk artikel ilmiah yang bertema strategis terkait dengan pengembangan khazanah ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya. info lengkap dapat dibaca melalui  http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/pendanaan-riset/penghargaan-publikasi-ilmiah-internasional/


Dari beberapa informasi tersebut kita bisa memilih mana yang akan diusulkan, LPDP tidak hanya memberikan beasiswa untuk Pendidikan yang berfokus pada hampir semua jenjang Perguruan Tinggi selain itu Pendanaan Penelitian juga bisa diusulkan melalui LPDP hal ini menjadi sebuah peluang besar untuk diperjuangkan, Bagaimana cara mendaptkan itu semua mari kita simak beberapa ketentuannya.

Semua peserta yang ingin mengikuti Beasiswa LPDP harus mendaftar secara online dengan ketentuan memenuhi semua persyaratan pendaftaran yang diajukan selanjutkan membuat akun terlebih dahulu melalui situs resmi http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/ setelah itu peserta harus mendaftar dan mengisi formulir, pengajuan berkas tahap awal akan dilaksanakan melalui online.

Untuk pengiriman berkas mengisi beberapa Esai dan ketentuan yang telah ditentukan oleh LPDP baru setelah dinyatakan lulus seleksi tahap awal nantinya peserta akan melanjutkan seleksi tahap dua tetapi seleksi ini tidak dilakukan secara online karena melalui wawancara, yang akan dilaksanakan dibeberapa tempat seperti Kantor Kemenkau di Jakarta dan Bandung.

Seperti tahun lalu peserta dapat mendatangi dua tempat ini untuk melakukan tes wawancara, ada beberapa poin yang akan diajukan dalam proses Wawancara diantaranya rencana studi dan alasan mengapa Kita layak mendapatkan beasiswa LPDP, baru setelah itu pengumuman hasil akan kelur yang akan dilaksanakan melalui Online.

Jika anda dinyatakan lulus seleksi barulah anda akan mendapatkan tiket Beasiswa LPDP, selanjutnya mendapaftar PTN tujuan belajar dengan melampirkan berkas telah menerima Beasiswa LPDP biasanya proses ini menjadi sebuah formalitas, baru sampai lulus PTN, setelah diterima dari salah satu PTN berarti anda otomatis mendapatkan beasiswa LPDP pada kampus tersebut.

Perlu diingat Beasiswa LPDP biasanya dilaksanakan dalam beberapa proses secara umum proses diikuti sebelum masuk kuliah. Hanya saja bagi yang sudah mendapatkan beasiswa LPDP dituntut selesai tepat waktu dan tidak menerima Beasiswa dari Pihak Lain, Kurang lebih seperti itu silahkan coba dan semoga Lulus sesuai dengan yang diharapakan. Amin

Subscribe to receive free email updates: