Beasiswa IPDN 2018/2019

Spcp.ipdn.ac.id/spcp/ - Info Pendaftaran khusus Beasiswa untuk IPDN simak Pendaftaran kampus IPDN melalui Pendaftaran Online Beasiswa khusus IPDN informasi seperti berikut. IPDN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa untuk bisa belajar disini tentu kita sudah banyak mengetahui tentang perguruan tinggi kedinasan sistem seleksi yang ditetapkan setera dengan seleksi calon pegawai negeri sipil karena mereka yang lulus IPDN sudah pasti akan langsung menjadi seorang pewagai dibawah kementerian dalam negeri.

Biasanya kita kenal dengan istilah sekolah calon camat, bukan hanya sebagai camat saja tetapi IPDN juga mencakup kepemerintahan dalam negeri, siapa yang tidak mau lulus seleksi ini karena kita akan mendapatkan dua hal sekaligus kuliah sambil bekerja, hanya saja untuk bisa mengikuti pendaftaran IPDN tidak semudah membalikan telapak tangan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mendaftar.

Selain sistem seleksi yang ketat beberapa persyaratan juga menjadi wajib hukupnya untuk dilengkapi apabil calon peserta tidak memenuhi persyaratan bisa dipastikan tidak akan bisa mengikuti seleksi masuk IPDN. Sejarah panjang mengenai IPDN memang tidak semuanya bagus jika kita menengok beberapa kasus seperti perloncoan yang sering terjadi bahkan tidak tanggung-tanggung mengenai kriminalitas didalam kampus ini.

Semi meliter menjadi salah satu prioritas untuk melatih kedisiplinan para Praja IPDN agar siap mengemban tugas sebagai pelaksana dari Kementerian Dalam Negeri, saat ini hal semacam itu sudah mulai berkurang karena sistem pengawasan semakin ketat bagi kalian yang ingin mendaftar atau orang tuanya berkeinginan memasukan anak ke IPDN jangan kwatir.

Beberapa tahun terakhir ini tidak begitu terdengar lagi kasus perloncoan yang terjadi di IPDN, hal itu menandakan semakin baiknya sistem yang ada saat ini. Selain itu sudah cukup jelas alasan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di IPDN adalah selain kuliah nantinya langsung akan bekerja karena sistem pendidikan ini berpedoman pada Ikatan dinas.

Para Praja IPDN yang sudah masuk akan mendapatkan pendidikan untuk menjadi seorang profesional di kepemerintahan dalam negeri, dimana diajarkan mengemban tugas rakyat, setelah lulus biasanya Praja IPDN akan langsung mendapatkan Nomor Induk Pegawai tentu harus siap ditempatkan diseluruh Indonesia, hanya saja sistem moratorium yang ditetapkan oleh pemerintah membatasi jumlah pengangkatan.

Jika sebelumnya peserta yang diterima di IPDN lebih banyak dibandingkan setelah moratorium sekarang yang sedang berjalan menyebabkan kompetisi untuk bisa masuk dikampus ini semakin tinggi. Apakah anda berminat mengikuti seleksi IPDN jika iya ada beberapa hal yang perlua kalian lakukan untuk bisa mendaftar pertama seperti memastikan apakah anda memenuhi persyaratan pendaftaran sebagai berikut.

Ketentuan Umum dan Persyatan Pendaftaran IPDN.

Persyaratan Umum.
  • Warga Negara Indonesia.
  • Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada saat pendaftaran.
  •  Tinggi badan pendaftar bagi pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm. 

Persyaratan Adminitrasi.
  • Berijazah serendah-rendahnya Sekolah Menengah Atas (SMA) atauMadrasah Aliyah (MA) dengan ketentuan: 
  • Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) bagi pendaftar lulusan sesuai ketentuan tahun ini.
  • Khusus bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat Nilai rata-rata Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) minimal 6,50 (enam koma lima nol) tahun kelulusan sesuai ketentuan.
  • KTP bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga bagi yang belum memiliki KTP.
  • Surat keterangan Kepala Sekolah masing-masing sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 Tahun ini.
  •  Surat elektronik/e-mail yang masih aktif;
  • Pas photo.

Persyaratan Khusus.
  • Tidak sedang menjalani atau terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan.
  • Tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya bagi pendaftar pria, kecuali karena ketentuan agama/adat.
  • Tidak bertato atau bekas tato.
  • Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak.
  • Belum pernah menikah/kawin, bagi pendaftar wanita belum pernah hamil/melahirkan.
  • Apabila pendaftar dinyatakan lulus dan dikukuhkan sebagai Praja IPDN, maka pendaftar:
  • Bersedia untuk tidak Menikah/Kawin selama mengikuti pendidikan;
  • Bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS dan ditugaskan/ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia; 
  • Bersedia ditempatkan pada seluruh kampus IPDN; 
  • Bersedia mentaati segala Peraturan yang berlaku di IPDN; 
  • Bersedia diberhentikan sebagai Praja IPDN jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual. 
  • Bersedia dikembalikan ke daerah masing-masing tanpa biaya IPDN apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen atau tidak memenuhi persyaratan pendaftaran di atas.

Ketentuan Pendaftaran. 
  • Pendaftaran penerimaan Calon Praja IPDN Tahun ini. dilakukan bersamaan dengan pendaftaran Mahasiswa/Taruna Perguruan Tinggi Kedinasan secara terpusat dan Onlinemelalui website resmi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sampai dengan pendaftar memperoleh password dari Panselnas melalui e-mail pendaftar. 
  • Selanjutnya pendaftar melakukan login dengan menggunakan password yang diperoleh dari Panselnas ke website resmi Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN Tahun ini ke http://spcp.ipdn.ac.id" untuk: 
  • Mengisi biodata Calon Peserta Seleksi;
  • Mengunggah Scanning dokumen sebagai berikut: 
  • KTP asli bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga/Akta Kelahiran bagi yang belum memiliki KTP (dengan format jpg maksimum 500 KB); 
  • Ijazah/STTB asli atau photocopy legalisir (dengan format pdf maksimum 1 MB); 
  •  Surat keterangan asli sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 Tahun ini dari Kepala Sekolah masing-masing peserta (bagi pendaftar yang belum memiliki Ijazah/STTB); 
  • Pasphoto berwarna (tidak hitam putih) menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata ukuran 4x6 cm (maksimum 500 KB dengan format jpg). 
  • Apabila pendaftar tidak memenuhi ketentuan administrasi pendaftaran diatas maka pendaftar dinyatakan gugur.
Bagi peserta yang mengikuti seleksi tahun dimana Ujian Nasional terkena moratorium maka tidak perlu kwatir masih bisa mengikuti seleksi karena sistem penilaian menggunakan ketentaun nilai rapot atau ujian sekolah, selain itu dari beberapa ketentuan yang telah dijelaskan diatas maka jika memang kalian memenuhi persyaratan untuk mendaftar langkah selanjutnya adalah mengikuti mekanisme pendaftaran IPDN seperti berikut.


Tahan Seleksi dan Prosedur.

Sebelum menjadi Calon Praja IPDN maka para calon peserta diwajibkan untuk mendaftar dan mengikuti semua tahapan tes yang akan diujikan. Jika para pendaftar/peserta di tiap tes nya sampai dengan tes akhir memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan maka dapat dinyatakan lulus sebagai calon praja IPDN. Begitu pula sebaliknya jika salah satu item Tahapan Tes Yang diujikan ada yang GAGAL/GUGUR atau Tidak Memenuhi Syarat maka dinyatakan GAGAL karena sistem tahapan tes yang dilakukan IPDN dalam Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) baru menggunakan sistem GUGUR.

  1. Pendaftaran dengan sistem elektronik.
  2. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan system Computer Assisted Test (CAT).
  3. Tes Kesehatan.
  4. Tes Psikologi dan Tes Integritas & Kejujuran.
  5. Tes Pantukhir (Di IPDN Jatinangor) meliputi :
  6. Verifikasi faktual dokumen administrasi
  7. Tes ulang kesehatan        
  8. Tes Kesemaptaan
  9. Wawancara
Alur Cara Pendaftaran IPDN.



Keterangan.
  1. CAPRA : Calon Praja peserta seleksi tes masuk IPDN
  2. SPCP : Seleksi Penerimaan Calon Praja yang pendaftaran dan pengumuman dilaksanakan secara online melalui alamat : https://spcp.ipdn.ac.id
  3. TKD : Test Kompetensi Dasar dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assesment Test)
  4. Pantukhir : Penentuan Akhir
  5. PUSKES TNI : Pusat Kesehatan Tentara Nasional Indonesia di Markas Besar TNI
  6. KESDAM : Kesehatan Daerah Militer di Tingkat Komando Daerah Militer (KODAM)
  7. KESREM : Kesehatan Komando Resort Militer (KOREM)
  8. DISJAS AD : Dinas Jasmani Angkatan Darat
  9. JASDAM : Jasmani Daerah Militer di Tingkat Komando Daerah Militer (KODAM)
  10. JASREM : Jasmani Komando Resort Militer (KOREM)
  11. Dinas Psikologi Angkatan Darat
  12. Tim Kemendagri adalah Tim Wawancara Pantukhir CAPRA IPDN yang dibentuk oleh Menteri Dalam Negeri yang terdiri dari:
  13. Menteri Dalam Negeri
  14. Para Pejabat Eselon I dan Eselon II di Lingkungan Kemendagri
  15. Rektor IPDN, Wakil Rektor IPDN, Para Pembantu Rektor, Para Kepala Lembaga dan Para Deka
  16. Kementerian PAN dan RB
  17. Badan Kepegawaian Negara
  18. Komisi Pemberantasan Korupsi
  19. Mabes TNI – Cilankap
  20. Dinas Psikologi TNI AD
  21. Dinas Jasmani TNI AD

Nah kalian juga dapat mengecek jadwal IPDN lengkap melalui situs resmi apabila terdapat beberapa informasi yang sedang anda cari silahkan cek jadwal lengkap IPDN melalui link http://36.66.90.123/spcp/jadwal sebagai salah satu prirotis karena pendaftaran tidak akan bisa dilakukan jika pendaftaran ataupun jadwalnya belum dibuka secara online setelah itu kalian bisa mengikuti ketentuan melalui tata cara pendaftaran IPDN seperti dibawah ini.


Tata Cara Pendaftaran IPDN.

Mekanisme pendaftaran dilakukan melalui online kemudian peserta mengakses portal Panselnas di http://panseldikdin.menpan.go.id kemudian pelamar mendaftarkan file pdf berisi nomor registrasi berupa data ridi, username (NIK), password, dan link registrasi dikirim melalui email aktif yang didaftarkan sebelumnya, selanjutnya pelamar login portal institusi sesuai dengan instansi yang dilamar, selanjutnya mengikuti petunjuk yang ada di portal instansi yang dilamar yaitu IPDN, 
  1. Informasi peryaratan dan kualifikasi pendidikan kedinasan yang tersedia. 
  2. Memilih instansi/lembaga Pendidikan Kedinasan IPDN. 
  3. Mendaftar NIK (Nomro Induk Kependudukan), Kartu Keluarga, Tanggal Lahir dan email aktif



Untuk Video petunjuk pendaftaran dapat diakses melalui http://36.66.90.123/spcp/pendaftaran dari situs resmi IPDN silahkan ikuti segala ketentuan terkait dengan pendaftaran IPDN yang akan dilaksanakan pada tahun ini. Jika kalian bingung cara untuk upload berkas dapat melihat petujunya melalui situs http://36.66.90.123/spcp/panduan.

Sampai pada proses pendaftaran telah selesai kalian bisa mengikuti seleksi dan pelaksaan dimana menggunakan sistem gugur bagi yang bertahan akan terus lanjut dan begitu juga yang gagal akan terhenti pada saat itu pula mekanisme pengumuman dilaksanakan melalui online http://36.66.90.123/spcp/news hati hati terdahap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi IPDN.

Karena panitia tidak pernah meminta uang apapun dalam rangka untuk kelulusan karena sistem Seleksi IPDN memberikan peluang bagi anda yang ingin mengikuti pendaftaran secara online dengan beasiswa karena semua biaya hidup maupun kuliah anda akan ditanggung pemerintah bisa dibilang jika kalian memilih IPDN sebagai pendaftaran dan lulus akan mendapatkan beasiswa 100 persen sampai lulus kemudian setelah lulus langsung menjadi CPNS.

Enak kan kuliah gratis, setelah lulus bisa langsung bekerja, tunggu apalagi silahkan ikuti pendaftaran seusai dengan ketentuan yang telah dijelaskan semoga bisa memberikan manfaat jangan lupa untuk terus update semua ketentuan pendaftaran terima kasih apabila terdapat perbedaan seputar informasi maka yang digunakan adalah informasi dari situs SPCP IPDN terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: