Beasiswa Monbukagakusho Jepang 2018/2019

Beasiswa Jepang - Info Beasiswa dan Cara Pendaftaran khusus Beasiswa melalui Beasiswa Pemerintah Jepang dan Kedutaan Jepang yang ada di Indonesia. berikut informasi Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho ke Jepang. Beasiswa merupakan salah satu solusi yang bisa digunakan sebagai batu loncatan, dimana jawaban biaya pendidian yang tinggi dapat dimungkinkan dengan pengadaan Beasiswa, tetapi sumber beasiswa tidak akan memberikan biaya kuliah gratis dengan cuma-cuma mereka membutuhkan yang terbaik untuk dikirim menempuh jenjang pendidikan tinggi disuatu tempat. Terlebih beasiswa yang akan diberikan adalah beasiswa belajar di Negara yang berbeda.

Informasi Beasiswa dan Pendidikan menjadi salah satu yang paling dicari, seperti Beasiswa ke salah satu negara seperti Jepang, selain terkenal dengan kemajuan teknologinya beberapa bidang kajian ilmu seperti Budaya, Seni, dan Olahraga menjadi salah satu yang paling banyak diminati. Kedutaan Jepang yang ada di Indonesia akan mewujudkan mimpi anda untuk bisa belajar ke Jepang dengan Beasiswa yang ada.

Ribuan Mahasiswa asal Jepang diberangkatkan ke sana dibiayai dan ddiberikan beasiswa 100 persen meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup serta lainnya. Untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut mahasiswa Indonesia harus cepat-cepat mendaftar dan memastikan lulus seleksi untuk itu kita akan membahas hal tersebut secara rinci disini meliputi cara Pendaftaran sampai dengan mekanisme penerimaan Beasiswa.

Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho ke Jepang

Beasiswa MONBUKAGAKUSHO merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang melalui Kedutaan Jepan yang ada di Indonesia, setiap tahun ribuan peserta yang beruntung akan diberangkatkan ke Jepang dan dapat belajar ke Jepang dengan Beasiswa, untuk bisa menjadi beruntung peserta harus lulus ujian tertulis dan memenuhi semua persyaratan pendaftaran maka dari itu sebelum mengikuti seleksi peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

MONBUKAGAKUSHO Memberikan berbagai beasiswa kepada mahasiswa mulai dari bantuan riset, beasiswa D2, D3, S1, S2, S3, Pelatihan Guru ataupun Pelajar Jepang lainnya. Ada berbagai rangkaian untuk bisa melakukan dan memilih salah satu jenis beasiswa yang diinginkan sebagai pertimbangkan disini kami akan memberikan informasi mengenai jenis beasiswa yang tersedia MONBUKAGAKUSHO berikut informasinya.


Beasiswa Monbukagakusho Program Japanese Studies.

Program Japanese Studies adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para mahasiswa/i yang sedang kuliah di jurusan Jepang program S1 untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan memperdalam pengertian tentang kebudayaan Jepang. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun, dimulai dari Oktober. Informasi pendaftaran dilaksanakan melalui http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_js.html.

Syarat-syarat pelamar :
  1. Mahasiswa yang masih aktif kuliah di program S1 salah satu perguruan tinggi di Indonesia, yang mempelajari bahasa, budaya dan sastra Jepang.
  2. Usia di bawah 30 tahun.
  3. Mahasiswa dari tingkat tiga atau semester 5 (lima) ke atas pada waktu melamar (pengecualian bagi mereka yang mempunyai kemampuan berbahasa Jepang yang baik dan direkomendasikan khusus oleh perguruan tinggi dan yang sudah belajar lebih dari satu tahun di perguruan tinggi  boleh mendaftar, walaupun belum mencapai tingkat tiga).
  4. Direkomendasikan oleh universitas, berdasarkan seleksi internal di universitas masing-masing.
  5. Sehat jasmani dan rohani.

Dokumen yang diperlukan

(dokumen yang tidak lengkap dan yang tidak sesuai dengan ketentuan di bawah, tidak akan kami terima dan proses) :
  1. Surat pengantar dari Universitas yang berisi daftar siswa yang direkomendasikan oleh universitas.(surat dibuat dalam bahasa Jepang/Inggris)
  2. Formulir aplikasi, diisi dalam bahasa Jepang/Inggris. (Download WORD www.id.emb-japan.go.jp/sch_js_formulir2018.docx atau PDF http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_js_formulir2018.pdf).
  3. Pasfoto berwarna (harus ditempel pada setiap formulir, ukuran foto lihat / disesuaikan dengan ukuran kotak pada formulir aplikasi).
  4. Surat keterangan dari perguruan tinggi, yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut. Harus dilengkapi dengan keterangan tempat dan tanggal lahir. (surat dibuat dalam bahasa Jepang/Inggris, satu surat untuk satu mahasiswa/i).
  5. Surat rekomendasi dari ketua jurusan atau pembimbing mengenai pribadi mahasiswa yang bersangkutan, dan harus diisi dalam bahasa Jepang/Inggris dalam form yang telah tersedia. (Download form surat rekomendasi di sini www.id.emb-japan.go.jp/sch_js_rekomendasi2018.docx).
  6. Fotokopi transkrip nilai mulai semester satu sampai saat ini. (Dalam bahasa Inggris, dilegalisir / dicap basah dari Universitas)
  7. Fotokopi Sertifikat Nihongo Noryoku Shiken / JLPT, jika ada.
Semua dokumen ditulis dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris, dibuat masing-masing sebanyak 3 rangkap (1 original dan 2 rangkap fotocopy) dan dibuat/ diprint pada kertas ukuran A4.

Cara Pelamaran :
  1. Pendaftaran silahkan cek di situs resmi.
  2. Pelamaran dilakukan secara kolektif oleh Universitas dan dengan rekomendasi dari Universitas yang bersangkutan, bukan perorangan.
  3. Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap, diserahkan langsung/dikirim ke : Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang, Jl. M. H. Thamrin 24, Jakarta 10350 Dan selambat-lambatnya harus tiba. (bukan cap pos). Mohon tuliskan kode “Japanese Studies” pada bagian kanan atas amplop.
  4. Dokumen yang telah diserahkan tidak dapat ditarik / diminta kembali, dengan alasan apapun.


Beasiswa Monbukagakusho Teacher Traning 

Program Penataran Guru (Teacher Training Program) adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Mereka akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan pertama belajar bahasa Jepang). Pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html.

Syarat-syarat pelamar:
  1. Memiliki dedikasi yang tinggi sebagai seorang guru/ pengajar
  2. Lulusan minimal S1 atau D4
  3. Guru yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal SD, SMP, SMA dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB
  4. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal
  5. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
  6. Usia di bawah 35 tahun
  7. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil saat melamar maupun saat keberangkatan)
  8. Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang

Dokumen yang diperlukan

(dokumen yang tidak lengkap dan yang tidak sesuai dengan ketentuan di bawah, tidak akan kami terima dan proses):
  1. Formulir aplikasi, harus diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang (Download formulir aplikasi di sini http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt_form2018_%20.docx)
  2. Pasfoto berwarna (harus ditempel pada setiap formulir, ukuran foto lihat / sesuaikan dengan ukuran kotak pada formulir aplikasi)
  3. Fotokopi Ijasah pendidikan terakhir (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
  4. Fotokopi transkrip nilai (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
  5. Surat keterangan dari tempat mengajar yang menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini, disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dicap basah asli oleh sekolah. Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya yang dicap basah asli dari sekolah sebelumnya tersebut, surat harus dibuat dalam bahasa Inggris (Contoh surat keterangan dari tempat mengajar, bisa didownload di sini http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt_cnth2018.docx)
  6. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah mengenai pribadi pelamar, harus diisi dalam bahasa Inggris dalam form yang tersedia (Download form surat rekomendasi di sini http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt_rekomendasi2018.docx)

Semua dokumen ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang, dibuat masing-masing sebanyak 3 rangkap (1 original dan 2 rangkap fotokopi) dan dibuat/ diprint pada kertas ukuran A4. Tidak perlu melampirkan dokumen yang tidak diminta


Cara Pelamaran :
  1. Pendaftaran silahkan cek disitus resmi.
  2. Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta dapat langsung menyerahkan langsung/mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan.
  3. Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap diserahkan langsung/dikirimkan ke : Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang, Jl. M. H. Thamrin 24 Jakarta 10350
  4. Dan selambat-lambatnya harus tiba (bukan cap pos). Mohon tuliskan kode “Teacher Training ” pada bagian kanan atas amplop.
  5. Dokumen yang telah diserahkan tidak dapat ditarik / diminta kembali, dengan alasan apapun.
Tidak menerima dokumen yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.


Beasiswa Monbukagakusho D2, D3, S1.

Program ini ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Specialized Training College (D-2) di Jepang. Pelamar hanya bisa memilih 1 (satu) program dari S-1, D-3, atau D-2. Informasi Pendaftaran dilaksankan melalui online pada situs resmi http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html.

Beasiswa Undergraduate / GAKUBU (S-1)

Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun).

Persyaratan :
  1. lulusan SMA dan Sederajat; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,4; lahir antara tgl. 2 April 1995 sampai dengan tgl. 1 April 2000. Bagi pelamar yang nilai rata-rata Ujian Nasional di bawah 8,4, dapat melamar program S-1 dengan melampirkan Japanese Language Proviciency Test (JLPT) level N3 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT).
  2. Pelamar SMA jurusan IPS/Bahasa tidak bisa mendaftar bidang studi IPA, pelamar SMA jurusan IPA bisa mendaftar IPS atau IPA. 

Beasiswa College of Technology / KOUSEN (D-3)
     
Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. College of Technology memiliki program 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SMP. Siswa penerima Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SMA dan sederajat) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).

 Persyaratan : 
  1. lulusan SMA dan Sederajad Jurusan IPA saja; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0, lahir antara tgl. 2 April 1995 sampai dengan tgl. 1 April 2000 

Beasiswa Specialized Training College / SENSHU (D-2)

Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan praktis kejuruan.

Persyaratan :    
  1. lulusan SMA dan Sederajat; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1995 sampai dengan tgl. 1 April 2000. Bagi pelamar yang nilai rata-rata Ujian Nasional dibawah 8,0, dapat melamar program D-2 dengan melampirkan Japanese Language Proviciency Test (JLPT) level N4 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT).

Beasiswa Research Student (S2, S3) U to U

Beasiswa riset bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan pendaftaran dan dinyatakan lulus akan mendapatkan hibah atau bantuan Beasiswa riset yang akan diberikan oleh pemerintah jepang, riset yang dilakukan di jepang jenjang S2 dan S3. Pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rsu.html.

Persyaratan :
  1. Usia dibawah 35 tahun pada tanggal 1 April tahun keberangkatan (baik untuk S-2 maupun S-3).
  2. Peserta S-2 harus telah menyelesaikan S-1
  3. Peserta S-3 harus telah menyelesaikan S-2
  4. Pelamar boleh pegawai negeri, swasta maupun mahasiswa yang telah menyelesaikan S-1nya.
  5. Pelamar harus menghubungi profesor pembimbing sesuai dengan bidang studinya.
  6. Antara pelamar dan profesor harus dapat saling bekerja sama.
  7. Pelamar harus sehat jasmani dan rohani
  8. Pelamar harus mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris dengan baik untuk dapat menjelaskan rencana tesis dan mengutarakan pendapatnya dengan baik.
Cara Pendaftaran :
  1. Pelamar harus mempersiapkan rencana tesis/ proposal penelitian yang masih sebidang dengan disiplin ilmu terdahulu.
  2. Pelamar harus mencari profesor pembimbing di salah satu perguruan tinggi Jepang yang menjalin kerjasama dengan almamater pelamar. Pelamar harus menghubungi profesor pembimbing tanpa melalui Kedutaan Besar Jepang. Pada saat kontak dengan profesor, pelamar harus mengirimkan proposal penelitian, transkrip nilai dan riwayat hidup kepada profesor tersebut.
  3. Setelah dinyatakan mendapatkan beasiswa oleh Monbukagakusho, pelamar harus menyerahkan satu berkas fotokopi formulir beserta kelengkapannyakepada Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang yang akan membantu proses kepengurusan visa.
  4. Masa pendaftaran umumnya dibuka pada bulan Maret dan keberangkatan pada bulan Oktober.
  5. Dokumen yang harus dipersiapkan adalah:
  6. Ijasah dan transkrip nilai dalam bahasa Inggris atau Jepang
  7. Rencana tesis /proposal penelitian dalam bahasa Inggris atau Jepang
  8. Setiap perguruan tinggi di Jepang mempunyai batas akhir dan syarat-syarat yang berbeda. Karena itu dianjurkan untuk menghubungi dan berkonsultasi secara langsung keapda profesor pembimbing mengenai hal-hal tersebut.

CATATAN Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi, Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang, Jl. M..H. Thamrin 24 Jakarta 10350, Telp. (021) 3192-4308, Senin - Jumat, pukul 08:30 - 16:00 (istirahat 12:30 - 13:30).


Beasiswa Research Student (S2,S3)
Program ini ditujukan untuk mereka yang berminat dalam program research student di perguruan tinggi di Jepang. Peminat pada waktu menjalani research student diperbolehkan melamar ke program degree (S-2 / S-3 / professional graduate course) atau meneruskan program S-3 setelah menyelesaikan program S-2 / professional graduate course, apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan.

Peminat juga dapat langsung masuk ke program degree tanpa mengikuti research student apabila telah mendapatkan izin dari universitas yang bersangkutan. Beasiswa diberikan tanpa ikatan dinas, mencakup 100% biaya kuliah, biaya tunjangan hidup (kurang lebih ¥143.000 per bulan), dan tiket pesawat pp. Informasi pendaftaran dilaksankan melalui http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html.

Persyaratan :
  1. Lahir pada dan setelah tanggal 2 April 1982.
  2. IPK akhir minimal 3.0 dari tingkat perguruan tinggi terakhir.
  3. Nilai TOEFL-PBT/ITP minimal 550 atau TOEFL-IBT minimal 79 atau IELTS minimal 6.0, atau nilai Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level 2/ N2. (TOEIC, TOEFL like & TOEFL prediction tidak dapat digunakan. Sertifikat TOEFL yang dapat digunakan untuk mendaftar adalah terbitan dari ETS.)
  4. Memilih bidang studi yang sama dengan disiplin ilmu sebelumnya.
  5. Bersedia belajar Bahasa Jepang bagi yang tidak menguasai bahasa Jepang.
  6. Sehat jasmani dan rohani. (Pelamar tidak diperbolehkan dalam keadaan hamil pada saat pendaftaran dan selama proses seleksi berlangsung, hingga keberangkatan ke Jepang bagi yang lolos seleksi).
Cara Pendaftaran :
  1. Pendaftaran dibuka tanggal yang sudah ditetapkan.
  2. Melakukan registrasi secara online melalui website berikut: http://beasiswamext.or.id dan menerima e-mail konfirmasi lalu di printout. (Harap mengingat "Nomor Ujian" yang diterima)
  3. Mengisi formulir pendaftaran yang didownload melalui halaman ini pada keterangan selanjutnya.
  4. Melengkapi Dokumen yang dibutuhkan. List Dokumen lihat pada keterangan selanjutnya.
  5. Formulir dan dokumen yang diminta (1 rangkap original dan 4 rangkap foto kopi dari original tersebut) dikirimkan atau diserahkan ke : Bagian Pendidikan, Kedutaan Besar Jepang, Jl. M.H. Thamrin No. 24 Jakarta 10350
  6. Cantumkan kode "Research Student" pada kanan atas amplop
Paling lambat tanggal yang sudah ditentukan, berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang (bukan cap pos)


Catatan :

Semua dokumen di bawah harus dalam Bahasa Inggris/ Jepang, Semua dokumen harus dibuat dalam ukuran kertas A4, Semua dokumen harus dibuat sebanyak 5 rangkap (1 rangkap original dan 4 rangkap foto kopi dari original). Total 5 rangkap berkas masing-masing berisi dokumen sesuai urutan No. 1-10 di bawah, dan disteples/ di-klip agar tidak tercecer. *Jangan dijilid!. Semua dokumen yang diberikan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.

Dokumen yang Diserahkan :
  1. Lembar printout konfirmasi registrasi online yang berisi “Nomor Ujian” pelamar.
  2. Application Form (form bisa didownload)
  3.  Field of Study and Study Program (form bisa didownload)
  4. Pasfoto 3,5 x 4,5 cm (ditempel *bukan di print* pada application form, foto 6 bulan terakhir, formal)
  5. Foto kopi Transkrip nilai yang dilegalisir (*dalam bahasa Inggris/Jepang)
  6. Foto kopi Ijazah yang dilegalisir atau surat keterangan akan lulus. (*dalam bahasa Inggris/Jepang)
  7. Surat rekomendasi dari Universitas jenjang pendidikan terakhir (form bisa didownload) *Tidak perlu dimasukkan ke dalam amplop terpisah!*
  8. Surat rekomendasi dari tempat bekerja bagi yang sedang bekerja (form bisa didownload) *Tidak perlu dimasukkan ke dalam amplop terpisah!*
  9. Abstract of Theses (abstrak penelitian /skripsi saat jenjang pendidikan terakhir/sebelumnya)
  10. Foto hasil karya/ rekaman bagi yang memilih bidang seni atau musik
  11. Copy sertifikat dan hasil nilai TOEFL/ IELTS atau JLPT

Apakah anda berminat mendapatkan beasiswa belajar ke Jepang, jika iya kalian dapat mengakses situs resmi dari pendaftaran kemudian melakukan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang ada pada situs resmi, apabila terdapat informasi mengenai pendaftaran beasiswa ke Jepang ini kurang atau berbeda pada dari situs resmi maka yang digunakan adalah informasi yang terdapat pada situs resmi Beasiswa ini.

Dari beberapa informasi diatas maka dapat disimpulkan Beasiswa Pemerintah Jepang diberikan kepada seluruh Mahasiswa atau calon mahasiswa yang berasal dari Indonesia agar dapat memiliki kesempatan belajar ke Jepang untuk itu silahkan ikuti semua ketentuan pendaftaran yang sudah ada, sampai pada proses ini mekanisme pendaftaran ini proses selesai.

Demikianlah informasi seputar pendaftaran Beasiswa ke Jepang apabila terdapat beberapa informasi lainnya maka akan segara kami kabarkan terutama seputar beasiswa yang ada di Indonesia agar bisa kuliah ke luar negeri secara gratis atau dibiayai oleh lembaga tertentu, semoga bisa memberikan manfaat terima kasih hati hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi pendaftaran Beasiswa selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: