Beasiswa Belanda 2019/2020

Beasiswa.web.id - Beasiswa Belanda - Untuk S2 ini telah dibuka kembali untuk mendapatkan kesempatan bantuan dana beasiswa belanda untuk program pasca sarjana. Untuk penerima bantuan dana beasiswa ini nantinya akan diberikan kesempatan untuk kuliah S2 di leiden university yang ada di Belanda. Untuk bantuan dana beasiswa ini akan ada beberapa pilihan program studi yang bisa kita ambil saat kita menerima bantuan dana beasiswa ini. 

Untuk gelar yang akan kita dapatkan kalau berkesempatan kuliah dengan menggunakan bantuan dana beasiswa ini diantaranya ada MA, MSc, dan LLM dari leiden university. Untuk mahasiswa Indonesia yang tertarik untuk belajar ke leiden university sudah bisa mendaftar untuk calon penerima bantuan dana beasiswa ini.

Pendaftaran Beasiswa Belanda


Salah satu keistimewaan yang akan kita dapatkan saat menerima bantuan dana beasiswa belanda ini adalah penerima bantuan dana beasiswa ini tidak diperuntukkan untuk mahasiswa asal eropa, jadi akan sedikit saingan kita untuk mendaftar di calon penerima bantuan dana beasiswa ini nantinya. Meskipun tidak terbuka untuk mahasiswa Eropa, namun tetap saja saingan untuk mendapatkan bantuan dana beasiswa ini datang dari seluruh dunia. 

Kalau kita memang tertarik dengan adanya bantuan dana beasiswa yang membuat kita bisa sekolah di leiden university yang aad di Belanda, maka kita tidak perlu ragu lagi untuk mendaftar diri sebagai calon penerima bantuan dana beasiswa ini. Untuk bantuan dana beasiswa belanda yang diberikan leiden university merupakan bantuan dana beasiswa yang berupa dana kuliah baik itu bantuan dana beasiswa secara penuh saat kuliah di leiden university atau bisa juga bantuan dana beasiswa yang hany separo waktu saat kita kuliah di leiden university. 

Untuk berapa banyak bantuan dana beasiswa yang akan kita terima sangat bergantung kepada penilaian yang kita dapatkan saat seleksi penerimaan bantuan dana beasiswa ini dan juga ditentukan oleh kemampuan fakultas dalam mengeluarkan bantuan dana beasiswa. Untuk nilai atau banyaknya bantuan dana beasiswa yang akan didapatkan berkisar antara 10.000 Euro sampai dengan 15.000 Euro. 

Untuk nilai bantuan dana beasiswa ini akan diberikan untuk bantuan dana beasiswa kuliah penuh. Jadi kalau kita menerima bantuan dana beasiswa ini, kita hanya akan ditanggung biaya kuliah saja, untuk biaya hidup di Belanda akan kita tanggung sendiri tanpa bantuan dari bantuan dana beasiswa.

Untuk pendaftaran penerimaan bantuan dana beasiswa belanda yang diselenggarakan oleh leiden university diperkirakan akan dibuka pada februari dan juga september. Berikut ini ada beberapa program S2 yang bisa kita pilih kalau kita menerima bantuan dana beasiswa pada bulan september, diantaranya adalah :
  1. Master Of Laws : Advanced Studies in Air and Space Law
  2. Master Of Laws : Advanced Studies in European and International Business Law
  3. Master Of Laws : Advanced Studies in International Tax Law
  4. Master Of Laws : Advanced Studies in Public International Law
  5. Master Of Laws : Advanced Studies in International Civil and Commercial Law
  6. Master Of Laws : Advanced Studies in Law and Digital Technologies
  7. Master Of Laws : Advanced Studies in European Tax Law
  8. Master Of Laws : Advanced Studies in European & Human Rights Law
  9. Master Of Laws : Advanced Studies in International Children’s Rights
  10. Msc in International Relations and Diplomacy

Untuk mendaftar sebagai penerima bantuan dana beasiswa belanda dari leiden, kita bisa langsung mengisi formulir pendaftaran secara online. Lalu kita melengkapi berkas persyaratan menerima bantuan dana beasiswa ini.


Beasiswa Belanda

Beasiswa Belanda S1 S2 Orange Tulip Scholarship (OTS)

Persyaratan Umum Pelamar Beasiswa Belanda OTS
  • Warga Negara Indonesia
  • Saat ini mendaftar beasiswa tidak sedang menempuh studi dan/atau bekerja di Belanda
  • Pelamar telah diterima disalah satu universitas di Belanda yang berafiliasi dengan program OTS atau sedang menjalani proses pendaftaran
  • Telah memenuhi persyaratan khusus berdasarkam skema Beasiswa OTS yang telah terdaftar
  • Persyaratan lengkap masing-masing skema maupun program studi dapat dilihat pada website universitas yang tertera di laman resmi Neso Indonesia.

Info Seputar Beasiswa

Saat ini Neso Indonesia tengah membuaka beasiswa untuk Program Orange Tulip Scholarship (OTS). Tercatat bahwa setiap tahun, perusahaan Belanda dan institusi pendidikan tinggi bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia selalu membuka peluang beasiswa OTS. Sasaran penerima beasiswa tersebut adalah warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi.

Jenjang studi yang ditawarkan berbagai macam yakni Foundation, Bachelor Program (S1), dan Master Program (S2) diberbagaiuniversitas yang berada di Belanda. Beasiswa OTS ini pada perguruan tinggi masing-masing akan berbeda besaran atau nominal bantuannya. Biasanya penawaran beasiswa terbagi sebagai berikut :
  • Beasiswa parsial atau pengurangan biaya studi 25% hingga 50%
  • Beasiswa full tuition fee artinya ditanggung biaya perkuliahan 100%
  • Beasiswa bantuan dana tanggungan biaya hidup atau biaya visa dan sebagainya

Pendaftaran terhadap institusi pendidikan tinggi di Belanda bagi program studi September tahun depan dapat dilakukan sejak Oktober. Proses seleksi penerima beasiswa tersebut tidak ada proses wawancara langsung maupun tes tertulis lainnya oleh Orange Tulip Scholarship. Hanya seleksi berkas saja bagi peserta yang terpilih sebagai penerima beasiswa akan dihubungi melalui email masing-masing yang telah terdaftar.


Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Belanda OTS

  1. Buka laman resmi neso indonesia di http://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/orange-tulip-scholarship/skema-2019-2020 dan pilihlah institusi dan program studi Belanda yang sesuai bidang anda
  2. Baca dan pelajari informasi skema beasiswa yang ingin didaftar. Apabila persyaratan terpenuhi, dapat mendaftar ke universitas tujuan pada website universitas masing-masing.
  3. Buat list persyaratan dan berkas kelengkapan dokumen dari universitas Belanda yang dipilih.
  4. Ikuti instruksi dari website universitas di Belanda dan kirim dokumen yang diminta langsung ke universitasnya.
  5. Catatan : Calon pelamar beasiswa wajib melakukan pendaftaran dahulu diuniversitas tujuannya di Belanda sehingga selanjutnya bisa mendaftar Beasiswa OTS. Tidak ada penyediaan jasa pada tahap proses pendaftaran ke universitas di Belanda oleh Neso Indonesia.
  6. Tunggu konfirmasi dari universitas Belanda via e-mail atau sistem online application (seperti OSIRIS, StudieLink, dsb). Konfirmasi tertulis yang dikeluarkan oleh pihak universitas dibutuhkan sebagai lampiran saat pendaftaran Beasiswa OTS.
  7. Pelamar beasiswa biasanya hanya menyiapkan Formulir OTS (yang setiap tahun dipublikasikan pada bulan November.
  8. Bukti hard copy pendaftaran pada institusi pendidikan tinggi di Belanda yang terdaftar skema dan Curriculum Vitae.
  9. Pastikan lagi dokumen persyaratan mendaftar Beasiswa OTS dengan mengklik nama institusi pendidikan tinggi Belanda yang tertera pada link Neso Indonesia. Tepatnya bagian atas, rincian yang dimaksud ada pada bagian ‘Dokumen yang dibutuhkan’.
  10. Pelamar beasiswa hanya mengirimkan dokumen pendaftaran berbentuk softcopy, yakni: a. Berkas softcopy berbentuk Word atau PDF, b. File diberikan penamaan jelas menggunakan Bahasa Inggris: Misalnya: Admission Proof – Adina Fitria, c. Maksimal total lampiran atau attachment adalah 20MB Catatan : Tidak perlu menyatukan dokumen dengan format Zip / Rard. Kirim dokumen via e-mail ke ots@nesoindonesia.or.id Dengan Subyek e-mail: OTS 2019-2020 Application-[nama universitas]-[nama Anda] Misalnya: OTS 2019-2020 Application – University of Twente – Adina Fitria
  11. Pelamar beasiswa akan mendapat email konfirmasi dalam jangka waktu 1 sampai 2 minggu dari Nuffic Neso. Isi konfirmasi tersebut berupa pemberitahuan berkas pendaftaran beasiswa telah diterima dengan baik.

Pusat Informasi Resmi Beasiswa Belanda OTS

Pertanyaan seputar Beasiswa Belanda S1 dan S2 Orange Tulip Scholarship (OTS) Indonesia, bisa dengan menghubungi kontak berikut ini: Neso Indonesia Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 2-3 Jakarta 12950 Telp. (021) 5248 267 Email: ots@nesoindonesia.or.id Website resmi: www.nesoindonesia.or.id

Subscribe to receive free email updates: