Beasiswa Jerman 2019/2020

Beasiswa.web.id - Beasiswa ke Jerman - Jerman merupakan salah satu negara maju yang memiliki cukup banyak sumber daya. Jerman sebagai negara maju ini memiliki kualitas pendidikan yang juga tentunya cukup baik. Kemajuan dalam bidang teknologi dan juga ilmu pengetahuan ini membuat jerman menjadi salah satu negara tujuan untuk meneruskan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. 

Mendapatkan beasiswa jerman untuk bisa meneruskan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi tentu saja menjadi salah satu cara para mahasiswa untuk bisa mengatasi kesulitannya dan keinginannya untuk meneruskan pendidikan pada jenjang master dan juga pada jenjang doktoral. Pendidikan di jerman merupakan salah satu yang menjadi incaran para mahasiswa Indonesia untuk meneruskan pendidikan pada jenjang master.


Beasiswa ke Jerman

Meskipun bukan hanya untuk program master saja, beasiswa jerman ini juga bisa digunakan untuk menempuh pendidikan setara s1. Tentu saja bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga yang cukup mampu, tentu saja tidak perlu mencari beasiswa untuk bisa menempuh pendidikan ke jerman. Namun bagi keluarga yang cukup pas-pasan, tentunya dengan mendapatkan beasiswa ini tentu merupakan sebuah anugrah yang tidak dapat dibayangkan. 

Beasiswa ini akan membantu pembiayaan kuliah dari mulai masuk universitas sampai dengan lulus kuliah. Tentunya bagi yang fokus pada pendidikan tinggi, beasiswa yang ingin diperoleh adalah beasiswa penuh mulai dari s1 hingga tingkat doktoral. Peraih beasiswa jerman ini biasanya merupakan mahasiswa yang memiliki prestasi cukup baik. 

Sehingga untuk mendapatkan beasiswa ini, biasanya para calon mahasiswa akan bersaing dengan cukup ketat untuk mendapatkan beasiswa ini.  Jumlah dokumen dan proses seleksi yang cukup ketat, membuat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke negara jerman ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Tentu saja dengan mengikuti proses seleksi pada program beasiswa ini tentu saja akan semakin meningkatkan tingkat keilmuan dari seseorang. 

Terutama bagi para dosen yang ingin meningkatkan kadar keilmuannya, tentu saja akan semakin membuat beasiswa ini menjadi harapan yang cukup baik untuk meningkatkan kualitas dosen di Indonesia. Tentunya hal ini akan semakin menjadi alasan utama mengapa beasiswa belajar ke negara jerman menjadi cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa jerman ini cukup ketat. Termasuk salah satunya adalah menguasai bahasa jerman. Sebab jika  para mahasiswa yang berasal dari luar jerman ini ingin belajar di beberapa universitas yang ada di jerman tentunya harus fokus pada materi pembelajarannya. Jangan sampai para mahasiswa tersebut memiliki kendala dalam bahasa pengantarnya yang menggunakan bahasa jerman. 

Kemampuan bahasa ini akan benar-benar diuji untuk mendapatkan kandidat penerima beasiswa yang cukup berkualitas. Selain itu faktor prestasi juga wajib menjadi persyaratan utama. Para kandidat penerima beasiswa harus mengajukan proposal untuk pendanaan pendidikan tersebut. Jadi panitia ini akan menyeleksi  proposal yang diajukan oleh para kandidat penerima ini.

Proses seleksi beasiswa jerman ini tentu saja sangat ketat. Sebab biasanya kuota beasiswa ini sangat terbatas. Beasiswa yang diberikan oleh beberapa universitas di jerman ini tentu merupakan beasiswa yang diberikan dalam kuota terbatas dari mulai masuk kuliah hingga lulus. Pemberi beasiswa ini biasanya berharap agar pendidikan yang ditempuh oleh penerima tersebut dapat cepat diselesaikan. 

Beasiswa ini juga diberikan oleh pemerintahan jerman dengan tujuan semakin meningkatkan hubungan baik antara jerman dengan negara sahabat. Dengan adanya beasiswa ini diharapkan hubungan jerman dengan negara-negara didunia akan menjadi membaik dan menjadi semakin erat. Hal ini tentu akan meningkatkan kredibilitas jerman sebagai negara maju.


Beasiswa Jerman

Master’s Scholarships for Public Policy and Good Governance  (PPGG)

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa PPGG :
  1. GPA minimal 3.00 dari skala 4.00
  2. Kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik dan bahasa Jerman (opsional)
  3. Memiliki pengalam pada bidang sosial dan politik
  4. Motivation Letter : Menjelaskan dan meyakinkan motivasi pribadi telah memilih studi di Jerman manfaat yang diharapkan setelah menyelesaikan studi dan kembali di negara asal
  5. Gelar terakhir yang telah diperoleh maksimal enam tahun sebelum mengajukan permohonan beasiswa
  6. Program beasiswa ini tidak berlaku untuk pelamar yang sudah menetap di Jerman selama lebih dari 15 bulan mulai dari saat pendaftaran
Catatan : Semua universitas dan bidang perkuliahan master program masing-masing memiliki persyaratan tambahan yang harus dipenuhi pelamar


Dokumen Aplikasi Beasiswa PPGG
  • Formulir aplikasi beasiswa yang dapat diunduh pada laman resmi www.daad.de
  • Curriculum Vitae yang bertandatangan dan lengkap
  • Salinan ijazah terakhir yang telah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah
  • Salinan transkrip nilai terakhir yang telah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah
  • Salinan ijazah SLTA
  • Sertifikat TOEFL IBT atau IELTS jika ada sertifikat bahasa Jerman
  • Letter of Recommendation dari profesor universitas, pimpinan tempat bekerja

Catatan : wajib disertakan tandatangan, cap, dan kop surat resmi

Informasi Lanjutan Perihal Beasiswa PPGG

Beasiswa ini lebih dikenal dengan Helmut-Schmidt-Programme dan merupakan program rutin tahunan yang dikeluarkan oleh Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD) dengan Indonesia. Merupakan beasiswa fully funded program studi S2 yang sangat bergengsi. Dikhususkan pada bidang tata kelola pemerintahan dan kebijakan publik.

Beasiswa PPGG juga membuka peluang bagi yang belum berpengalaman kerja dibidang profesional atau sedang bekerja pada jenjang karir menengah. Calon kandidat beasiswa dari jurusan program studi S1 berikut ini dapat mendaftarkan diri, yaitu :
  • ilmu sosial dan ilmu politik
  • ilmu hukum
  • ekonomi, dan
  • administrasi publik.

Beasiswa PPGG juga mengutamakan para lulusan program S1 yang memiliki prestasi memuaskan pada bidang akademik dan non akademik. Selain itu, penerima beasiswa juga harus bersedia berkontribusi aktif dalam pembangunan ekonomi dan sosial setelah menyelesaikan studi di negara asalnya. Biasanya awal perkuliahan yang diakomodasikan oleh Beasiswa PPGG ini dimulai sekitar bulan September atau Oktober setiap tahunnya.

Penerima beasiswa PPGG wajib menjalani kursus bahasa Jerman dalam waktu enam bulan yakni April hingga September setiap tahunnya. Kursus tersebut akan dipusatkan pada salah satu institusi Jerman, bukan dari universitasnya.


Keunggulan Beasiswa PPGG
  • Uang tunjangan bulanan sejumlah 850 Euro atau setara Rp 14,3 juta
  • Asuransi kesehatan saat mengenyam studi di Jerman
  • Uang tunjangan perjalanan PP ke negara asal
  • Uang subsidi untuk melakukan riset
  • Uang tunjangan keluarga
  • Bebas biaya pendidikan ke delapan universitas yang bekerjasama dengan Helmut-Schmidt-Programme.
  • Menerima bimbingan khusus dari institusi secara gratis

Universitas yang Bekerjasama dengan PPGG
  1. Hertie School of Governance, Berlin: Master of Public Policy (MPP)
  2. Universität Duisburg-Essen: Master of Development and Governance
  3. Willy Brandt School of Public Policy at the University of Erfurt: Master of Public Policy (MPP)
  4. Leuphana Universität Lüneburg: Public Economics, Law and Politics (PELP)
  5. Hochschule Osnabrück: Management in Non-Profit-Organisationen
  6. Universität Osnabrück: Master of Democratic Governance and Civil Society
  7. Universität Passau: Master of Governance and Public Policy
  8. Universität Potsdam: Master of Public Management (MPM)

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa PPGG
  1. Membuka laman resmi universitas tujuannya
  2. Mengisi formulis online dari laman resmi masing-masing universitas tersebut untuk apply program master studi Catatan : pelamar dapat melamar pada 2 universitas berbeda
  3. Mengupload dokumen-dokumen yang dibutuhkan
  4. Setelah menerima Letter of Acceptance dari universitas tersebut, pelamar mambuka laman website www.daad.de 
  5. Melengkapi formulir pengajuan beasiswa DAAD Catatan : masing-masing universitas memiliki proses pengajuan beasiswa yang berbeda
  6. Menunggu konfirmasi melalui e-email perihal kesuksesan pendaftaran beasiswa dan pengumuman kelolosan tahap administrasi

Subscribe to receive free email updates: