Beasiswa Korea 2019/2020

Beasiswa.web.id - Beasiswa ke Korea - Untuk Diploma Dan S1 Dengan adanya bantuan dana beasiswa korea akan membuat kita bisa melanjutkan sekolah ke tingkat kuliah. Bagi kita yang sedang menunggu adanya bantuan dana beasiswa korsel, untuk tahun ini pemerintah korsel akan memberikan bantuan dana beasiswa untuk digunakan sebagai dana tambahan untuk kuliah kita. 

Untuk bantuan dana beasiswa korsel yang diberikan melalaui Korean Government Scholarship Program (KGSP) akan ditunjukkan untuk penerima bantuan dana beasiswa dari lulusan SMA yang akan melanjutkan ke tingkat kuliah. Untuk bantuan dana beasiswa korsel ini akan memberikan kesempatan kepada kita yang ingin menempuh diploma atau S1 di beberapa universitas yang ada di Korea Selatan. 


Beasiswa ke Korea

Untuk bantuan dana beasiswa korsel akan memberikan dana beasiswa yang full untuk kebutuhan kita di Korea Selatan kalau kita bisa mendapatkan bantuan dana beasiswa korsel ini. Untuk yang akan menerima bantuan dana beasiswa korea, nantinya akan menempuh perkuliahan selama 2 tahun di korsel untuk program diploma bagi penerima bantuan dana beasiswa korsel. 

Sedangkan untuk penerima bantuan dana beasiswa korsel yang akan menempuh perkuliahan di Korea Selatan dengan pendidikan S1, maka akan menempuh perkuliahan yang akan ditanggung sepenuhnya oleh bantuan dana beasiswa korsel selama 4 tahun. Nantinya penerima bantuan dana beasiswa korsel juga akan diberikan pelatihan berkaitan dengan bahasa korea, jadi nantinya kalau kita menerima bantuan dana beasiswa korsel kita akan menempuh perkuliahan selama 3 sampai dengan 5 tahun di Korea Selatan.

Untuk calon penerima bantuan dana beasiswa korea yang ada di Indonesia ada 3 pilihan bantuan dana beasiswa dari KGSP yang bisa kita dapatkan. Untuk bantuan dana beasiswa KGSP yang bisa di dapatkan penerima bantuan dana beasiswa korsel dari Indonesia ada bantuan dana beasiswa D2 atau setara dengan diploma, bantuan dana beasiswa S1 khusus untuk jururan natural science dan engineering dan juga bantuan dana beasiswa S1 via Kedutaan besar Korea Selatan yang ada di Jakarta.
Bantuan dana beasiswa korea untuk diploma atau D2, hanya akan ada kuota bantuan dana beasiswa 17 posisi yang akan diperebutkan oleh 56 negara calon penerima bantuan dana beasiswa korsel. Sedangkan untuk bantuan dana beasiswa S1 khusus untuk jurusan natural science dan engineering akan tersedia 25 bantuan dana beasiswa. Untuk bantuan dana beasiswa ini akan terbuka untuk 63 negara calon penerima bantuan dana beasiswa korsel. 

Calon penerima bantuan dana beasiswa D2 dan S1 yang ada diatas, bisa langsung diajukan oleh pelamar penerima bantuan dana beasiswa langsung ke beberapa universitas yang ada di Korea Selatan. Nantinya pelamar penerima bantuan dana beasiswa menunggu kepastian penerimaan bantuan dana beasiswa dari beberapa universitas yang ada di Korea Selatan.

Untuk kuota bantuan dana beasiswa korea yang bisa didapatkan calon penerima bantuan dana beasiswa dari kedubes Korea Selatan, hanya ada 1 kuota bantuan dana beasiswa yang didapatkan Indonesia. Untuk pendaftaran calon penerima bantuan dana beasiswa korsel ini bisa langsung diajukan pelamar calon penerima bantuan dana beasiswa di kedutaan besar Korea Selatan. 

Selain kalau kita mendapatkan bantuan dana beasiswa korsel akan dibebaskan dari dana kuliah, nantinya kita juga akan mendapatkan bantuan dana beasiswa yang kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari di Korea Selatan sebesar 800 ribu Won. Nantinya juga akan ada bantuan dana beasiswa untuk kursus bahasa korea dan pemulangan dari korea.


Beasiswa Korea

Beasiswa Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Persyaratan Pendaftaran Program Beasiswa KGSP

  1. Warga negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki Ijazah atau SKL atau surat keterangan lulus sementara
  3. Nilai rata-rata UN minimal 80% dari total keseluruhan
  4. Surat keterangan kesehatan yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau dokter
  5. Surat keterangan bebas narkoba yang dikeluarkan rumah sakit

Tujuan Program Beasiswa KGSP

Memperkuat tingkat daya saing di Korea Selatan dengan cara sebagai berikut:
  • Mengembangkan hubungan luar negeri sumber daya manusia internasional
  • Merupakan pertukaran pelajaran yang disalurkan melalui program beasiswa pemerintah
  • Mempromosikan program pertukaran pelajar international dengan Korea Selatan
  • Memberikan sebuah pelayanan administrasi program pendidikan terbaik
  • Membangun hubungan kerjasama antar Korea Selatan dengan penerima beasiswa KGSP

Keunggulan Program Beasiswa KGSP
  1. Tidak dipungut biaya pendaftaran untuk mengirim aplikasi Beasiswa KGSP
  2. Menyediakan biaya tiket pesawat PP (kelas ekonomi)
  3. Bebas dari biaya kuliah selama 8 semester (4 tahun)
  4. Menerima uang saku sebesar 800.000 KRW (sesuai dengan jenjang program pendidikan yang sedang ditempuh)
  5. Menerima uang akomodasi untuk pembelian buku
  6. Menerima uang bantuan untuk Thesis (Program S2) dan Disertasi (Program S3)
  7. Menerima asuransi selama menjalani masa studi
  8. Menerima tunjangan kedatangan sejumlah 200.000 KRW (hanya satu kali yaitu saat pertama kali kedatangan)
  9. Menerima uang saku tambahan masa studi studi selesai sebesar 100.000 KRW
  10. Kesempatan untuk belajar Bahasa Korea (1 tahun) tanpa dipungut biaya
  11. Menerima uang tambahan sebesar 100.000 KRW setiap bulan bagi mahasiswa dengan persyaratan : Nilai TOPIK minimal 5.00 pada skala 6.00 saat masa akhir program bahasa

Informasi Lanjutan Mengenai Program Beasiswa KGSP

Program beasiswa KGSP secara resmi dikelola National Institute for International Education (NIIE) adalah lembaga eksekutif dibawah naungan Kementerian Pendidikan Korea Selatan. Beasiswa KGSP kepada mahasiswa Internasional yang mau berkuliah di Korea Selatan pada jenjang pendidikan Associate Degree, Bachelor Degree, Master Degree, dan Postgraduate.

Beasiswa KGSP dinilai sebagai program terbaik, jika di Indonesia setara dengan beasiswa LPDP. Selain itu, program ini begitu populer dengan persyaratan pendaftaran yang tidak terlalu rumit. Terdapat juga list universitas yang bekerjasama dengan program tersebut di wilayah Korea. Untuk informasi lengkap mengenai beasiswa dapat dilihat di laman resminya yaitu http://www.studyinkorea.go.kr/en/main.do .


Jalur Pendaftaran Beasiswa KGSP

Para pendaftar beasiswa hanya diperbolehkan memilih satu jalur saja. Apabila pendaftar beasiswa mendaftar kedua jalur tersebut maka otomatis langsung di diskualifikasi. Berikut ini adalah jalur pendaftaran beasiswa,yaitu:
  • Jalur beasiswa melalui kedutaan besar (embassy)
  • Jalur pendaftaran melalui universitas

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa KGSP

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa KGSP Melalui Kedutaan Besar  Korea Selatan
  1. Menyiapkan kelengkapan dokumen yang diumumkan pada laman resmi Kementerian Luar Negeri yaitu https://www.kemlu.go.id/seoul/id/berita-agenda/info-penting/Pages/Beasiswa-KGSP-di-Korea-University.aspx 
  2. Siapkan dokumen persyaratan yang diminta
  3. Perhatikan timeline setiap tahapan seleksi
  4. Mengirimkan semua dokumen persyaratan beasiswa dengan cap pos kepada : Kantor Kedutaan Besar Korea Selatan Beralamat di Jln. Gatot Subroto Kav.57 Jakarta – 12950 Telp. (021) 2967-2555

Biasanya setiap tahun beasiswa KGSP ini dibuka pada pertengahan tahun hingga akhir bulan September. Sementara itu, seleksi lanjutan akan diadakan pada bulan Oktober. Bagi pelamar yang lolos tiap tahap seleksi akan diberitahukan melalui email dan halaman resmi beasiswa KGSP.


Tata Cara Pendaftaran Beasiswa KGSP Melalui Universitas

Jalur pendaftaran melalui universitas dapat dilihat pada masing-masing website resmi universitas. Umumnya universitas di Korea akan membuka pendaftaran pada bulan September hingga Oktober. Tata cara pendaftaran sebagai berikut :
  1. Buka laman resmi universitas yang dituju, misalnya Seoul National University di http://www.useoul.edu/ 
  2. Pilih menu ‘Admission’ kemudian ‘Scholarship’ 
  3. Baca persyaratan pendaftaran dan dokumen yang diperlukan
  4. Pada laman ini terdapat arahan untuk mengunjungi http://www.studyinkorea.go.kr/en/main.do 
  5. Klik link website tersebut
  6. Setelah masuk pada laman website ini, pilih menu ‘Online Application’ 
  7. Isi step by step formulir pendaftaran online tersebut dengan benar dan teliti, kemudian submit dokumen 
  8. Tunggu pengumuman selanjutnya perihal kelulusan seleksi administrasi yang akan diumumkan pada website dan masing-masing email pelamar beasiswa.

Catatan : Setiap universitas memiliki tata cara pendaftaran yang berbeda.

Subscribe to receive free email updates: