Beasiswa Ke Rusia 2019/2020

Beasiswa.web.id - Beasiswa Ke Rusia - tersebut diberikan oleh pemerintahan rusia kepada para pemuda yang berasal dari negara sahabat untuk bisa melanjutkan pendidikan tingginya di negara tersebut. Beasiswa tersebut khusus diberikan untuk membangun relasi yang cukup baik antara para siswa yang ada dari berbagai negara-negara di dunia. 

Bahkan dari Indonesia. Negara ini termasuk negara yang sangat loyal dalam beberikan beasiswa untuk para pelajar terbaik dari beberapa negara-negara di dunia. Tentu saja dnegan memberikan beasiswa tersebut. Para peserta dapat memilih manakah yang menjadi favoritnya dan manakah yang menjadi bakat dan keahliannya. Tentu saja dengan mengikuti  program beasiswa ini, Anda akan mendapatkan pendidikan terbaik yang sangat nyaman.



Beasiswa rusia ini termasuk beasiswa yang cukup banyak diburu oleh banyak siswa yang ingin meneruskan pendidikannya ke luar  negeri. Beasiswa ini ditujukan kepada para siswa yang memiliki komitmen yang cukup kuat untuk meneruskan pendidikan belajar di luar negeri dengan prestasi yang baik. Tentu saja dengan memilih siswa-siswa pilihan ini, diharapkan pemerintah rusia dapat mendapatkan calon mahasiswa yang benar-benar berkualitas baik untuk mengenyam pendidikan tinggi di negara tersebut. 

Meskipun negara rusia ini termasuk negara yang belum lama merdeka selama beberapa dekade, namun untuk urusan pendidikan negara pecahan dari uni soviet ini memiliki kualitas yang cukup baik dan juga komitmen yang cukup tinggi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya. Persyaratan Beasiswa rusia ini cukup ketat, salah satunya adalah harus memiliki komitmen untuk belajar giat. Selain itu persyaratan bahasa yang cukup baik. 

Sebab ketika kesulitan dengan bahasa pengantar, maka kemungkinan besar akan mengalami kesulitan juga untuk menerima pelajaran dalam mata kuliah yang diajarkan. Ketika kesulitan  untuk menerima beasiswa tersebut, tentunya akan membuat para penerima beasiswa tersebut akan kesulitan untuk menerima pelajaran dan juga kesulitan untuk meningkatkan prestasi belajarnya dengan baik. 

Kegiatan belajar-mengajar dengan menggunakan bahasa pengantar yaitu bahasa asli rusia ini tentu saja harus dikuasai oleh para peserta beasiswa tersebut.  Jadi bagi Anda yang ingin berhasil menerima beasiswa tersebut, Anda harus menguasai bahasa pengantar tersebut. Beasiswa rusia ini tidak diberikan dengan mudah. Sebab para calon penerima tersebut harus melalui proses seleksi yang cukup ketat. Sebab, beasiswa tersebut bukan hanya  biaya pendidikan saja, namun juga biaya hidup. 

Tentu saja hal ini akan membuat para siswa lebih fokus untuk mengejar prestasi belajarnya dengan baik. Beasiswa ini diberikan dengan seleksi mulai dari seleksi akademik hingga seleksi psikologis. Selain itu, seleksi dari segi kesehatan juga akan dilakukan pemeriksaan. Sebab, jangan sampai ketika mengenyam pendidikan para mahasiswa tersebut ternyata memiliki keluhan penyakit yang cukup berat. Tentu saja hal ini akan menghambat proses pendidikan yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut.

Beasiswa rusia ini akan diberikan kepada mahasiswa yang berkomitment untuk membangun negara. Tentu saja dengan tujuan untuk memberikan calon pemimpin-pemimpin strategis yang akan membuat calon pemimpin yang mampu membuat keputusan-keputusan strategis untuk membangun bangsa dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. 

Tentu saja dengan program beasiswa ini, mahasiswa yang sudah selesai belajar di negara orang tersebut akan mampu membuat keputusan-keputusan strategis demi kemajuan bangsa dan negara. Beasiswa tersebut cukup membantu bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya di negara lain. Jadi hal ini akan membuat para mahasiswa tersebut bisa memperoleh pendidikan yang cukup berkualitas terutama dalam hal manajerial dan pengambilan keputusan.


Beasiswa Pemerintah Federasi Rusia S1, S2, dan S3

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Pemerintah Rusia

Langkah awal yang dilakukan sebelum mendaftar aplikasi untuk beasiswa di negara Rusia adalah membuka laman http://russia.study/en . Kemudian pada bagian pojok kanan atas terdapat menu ‘register’ lalu klik. Waktu pengisian aplikasinya disinyalir selama 20 menit.

1.Verifikasi Email

Setelah mendaftar pada form registrasi maka anda akan mendapatkan email verifikasi dari http://russia.study/en dan menerima nomor registrasi. Klik pada tulisan ‘log into website’ agar pendaftaran dapat dimulai.

2. Mengisi Aplikasi

Diawali dengan pengisian data pribadi hingga data keluarga menggunakan huruf Kiril. Namun jika tidak mengerti huruf Kiril dapat menggunakan huruf latin. Untuk pertanyaan pada poin 5 merupakan pertanyaan opsional. Selanjutnya pada poin 10 terdapat kolom ‘Compatriot’ tidak perlu dicentang.

Pada poin 11 sampai 13adalah informasi kontak pribadi, anda harus memasukkan nomor ponsel dengan kode negara seperti +62. Pada poin 11 sampai 16 akan diminta untuk memasukkan data paspor. Sementara itu, poin 17 diminta untuk mengisi pendidikan terakhir. Apabila program yang akan diambil adalah S1 maka mencantumkan ‘Higher Secondary School Certificate / 10-12 years’.

Poin 21 keatas akan diminta memasukkan jenis studi, program, universitas tujuan, dan apakah anda mendaftar untuk program beasiswa atau tidak. Tepatnya poin 26 akan menegaskan jika tidak lulus beasiswa pemerintah federasi rusia maka opsi berbayar akan dipertimbangkan. Apabila anda tidak memiliki kemampuan bahasa Rusia maka akan direkomendasikan mengkuti kelas persiapan selama satu tahun.


3.Tahap Wawancara

Setelah mendaftar dan mengunggaha dokumen persyaratan akan terjadi proses seleksi administrasi. Bagi pendaftar yang lolos akan diberitahukan untuk menjalani proses wawancara. Diwajibkan untuk membawa dokumen asli sesuai dengan yang diunggah pada laman website. Jika dalam tahap wawancara dinyatakan lulus maka akan diminta untuk membayar biaya untuk memproses dokumen. Dokumen tersebut oleh PKR akan dikirim kepada Kementerian Pendidikan Rusia.


Persyaratan Pendaftaran Beasiswa
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir pejabat berwenang 
  • Pendaftar program studi S1 mencantumkan nilai rapor mulai dari Kelas X sampai XII SMA/SMK. Dengan minimal rata-rata 8.0 atau nilai ujian sekolah pada ijazah rata-rata 8.0. Batas usia beasiswa program studi maksimal 25 tahun
  • Pendaftar program studi S2 dengan IPK minimal 3,20
  • Pendaftar program studi S3 diharuskan lulusan dari Master Programme salah satu universitas di Rusia
  • Fotocopy halaman identitas paspor
  • Fotokopy medical certificate terbaru
  • Akta kelahiran
  • Surat pernyataan menyetujui dari orang tua atau wali dari calon mahasiswa
  • Pas photo bewarna dengan latar belakang putih ukuran 4x6 (10 lembar)
  • Fotokopy sertifikat penghargaan dan kompetisi (opsional)
  • Membuat Motivational Letter dan Abstrac Tesis mengenai rencana penelitian atau tugas akhir. Dalam bentuk Bahasa Inggris atau Indonesia sebanyak 2 sampai 5 halaman kertas A4

Catatan : Masing-masing dokumen diatas dibuat menjadi dua rangkap dengan kertas berukuran A4. Bagi pendaftar program studi S1 dimasukkan dalam map karton warna kuning, map karton warna merah untuk program studi S2, dan map karton warna hijau untuk program studi S3.


Biaya Penerima Beasiswa

Beasiswa ini hanya memberikan biaya pendidikan gratis selama masa kuliah. Diluar itu, mahasiswa diharapkan menyediakan dana sendiri, seperti:
  • Dokumen pendaftaran
  • Visa masuk dan visa studi tahunan di Rusia
  • Tiket pesawat Jakarta-Rusia
  • Cek kesehatan dan asuransi yang dilakukan oleh pihak universitas
  • Biaya hidup dan asrama selama studi berlangsung

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...