Cara Ikut Tes UTBK & Mendaftar SBMPTN Terbaru 2020/2021

SBMPTN.AC.ID - Lagi-lagi kabar mengenai SBMPTN ini datang dari adik kelas saya, yang menanyakan perihal kapan pendaftaran SBMPTN, lantas saya pun langsung menjelaskan dengan detail mengenai pendaftaran SBMPTN yang biasanya akan dibuka setelah pelaksanaan SNMPTN selesai. Beberapa bulan kemudian adik tingkat saya kembali menanyakan apakah sudah ada bukaan SBMPTN.

Karena sudah sesuai dengan informasi yang saya berikan, ketika itu langsung saya buka laptop untuk dan mencari kabar pendaftaran SBMPTN, kemudian memang benar sudah ada bukaan saya segera mengirimkan link pendaftaran tersebut, namun betapa terkejutnya saya ketika sang adik kelas kembali menanyakan syarat daftar SBMPTN harus memiliki nilai UTBK.


Sejak saat itu saya merasa sangat berdosa kepada adik-adik kelas saya karena memberikan informasi yang sudah di valid lagi karena sudah ada perubahan mengenai sistem SBMPTN. Itulah sedikit latar belakang mengapa saya menulis artikel ini, tujuannya adalah untuk menebus kesalahan informasi yang diberikan kepada adik-adik yang mungkin tahun ini ingin ikut SBMPTN.

Karena salah informasi ada banyak junior saya yang tidak ikut SBMPTN, ternyata setelah saya lihat pemerintah melalui Kemenristekdikti melakukan pembaruan sistem SBMPTN dan menggantikan mekanisme tes dengan menambah satu tahap dimana tahapan baru ini menjadi persyaratan wajib. Disini kita akan membahas mengenai sistem SBMPTN yang baru.

Karena sistem seleksi khusus perguruan tinggi negeri selalu berbenah dengan melakukan pembaruan, ada beberapa poin penting yang bisa kita cermati dari sistem SBMPTN yang baru, pertama peserta yang akan mendaftar SBMPTN diharuskan mendaftar UTBK dan mengikuti tes yang akan dilaksanakan lebih dahulu sebelum pendaftaran SBMPTN dibuka.

Nilai UTBK inilah yang akan menjadi syarat wajib untuk bisa daftar SBMPTN jika kalian tidak ikut maka dipastikan tidak akan bisa mendaftar SBMPTN, sebenarnya UTBK sendiri tes yanga akan mengukur Tes Potensi dan Minat serta bakat dari calon peserta SBMPTN bentuk soalnya adalah HOST yang sudah dikenal oleh para pelajar di Indonesia.

Lalu muncul pertanyaan bagaimana bisa pelajar ikut tes UTBK sementara pada bulan yang sama disibukan dengan persiapan ujian sampai dengan ujian UN/UNBK, apakah tidak bertabarakan dengan jadwal sekolah ? biasanya atas dasar itulah peserta tidak ikut UTBK, padahal jika kita lihat di jadwal UTBK, tes ini tidak akan mengganggu jam sekolah karena bisa diikuti setiap hari bahkan hari minggu dibuka hingga 8-10 sesi.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak ikut, selain itu UTBK akan dilaksanakan lebih dari satu kali, masing-masing peserta boleh mengikuti semua tes jika hasil yang didapat sebelumnya kurang memuaskan, sebagai contoh apabila siswa A ikuti UTBK Gelombang 1 ternyata nilainya kecil dan memutuskan untuk ikut gelombang 2 tetap bisa dari kedua tes tersebut gunakan perolehan nilai yang paling besar untuk mendaftar SBMPTN.

Nah bagi yang ingin mendaftar UTBK berikut kami berikan pembahasan mengenai pendaftaran UTBK dan persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengisi form pendaftaran online.

Pendaftaran UTBK SBMPTN
  1. Siapkan data diri kalian untuk mengisi form pendaftaran UTBK.
  2. Kunjungi situs resmi https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id/ kemudian pilih registrasi.
  3. Pada tahapan ini akan muncul beberapa form yang harus segera diisi dengan lengkap mulai dari data diri, email username dan password.
  4. Peserta yang bisa ikut mendaftar UTBK hanya peserta lulusan dua tahun terakhir terhitung dari tahun ini atau baru lulus tahun ini.
  5. Pertama melakukan pendaftaran awal untuk mencetak bukti pembayaran, kemudian setelah selesai bawa kebank yang sudah ditunjuk untuk melakukan pembayaran.
  6. Setelah selesai peserta harus kembali login dan mengisi biodata sampai dengan selesai.
  7. Bagi peserta bidik misi diharuskan mengikuti langkah-langkah khusus dengan melakukan verifikasi sebagai peserta bidik misi biasanya akan mengisi PIN dan KAP untuk peserta umum dilewatkan saja proses tersebut.
  8. Untuk pilihan kelompok program studi harus disesuaikan apabila berminat ikut 2 jenis kelompok program studi yang berbeda dalam satu pilihan disarankan memilih jenis kelompok tes campuran.
  9. Pilih jadwal sesuai dengan waktu kosong anda selain itu perhitungkan perjalanan dari tempat tinggal ke lokasi tes agar mengganggu jam sekolah.
  10. Cetak kartu, tinggal ikut tes sesuai dengan lokasi dan jadwal yang tertera pada kartu tes anda.
  11. Nilai UTBK akan keluar dalam waktu 14 Hari untuk melihat hasil kalian bisa login kembali ke situs UTBK cek hasilnya.
  12. Jika tidak puas dengan hasilnya kalian bisa ikut lagi gelombang selanjutnya.

Bagi yang sudah ikut UTBK apabila sudah ada kabar pendaftaran SBMPTN anda bisa ikut mendaftar dengan melengkapi persyaratan pendaftaran SBMPTN seperti beriktu :

Persyaratan Mengikuti SBMPTN
  1. Lulusan dua tahun terakhir atau lulusan tahun ini.
  2. Memiliki nilai UTBK
  3. Diharuskan dalam pemilihan program studi kondisi keadaan tubuh harus mendukung program studi yang akan dipilih.
  4. Memiliki NISN
  5. Peserta yang memilih program studi Seni dan Olaharaga wajib mengisi portopolio.
  6. Tidak bertatus lulus SNMPTN pada tahun ini.
  7. Sebagai tambahan identitas diri dan identitas pendidikan disiapkan agar pada saat sudah login tidak lagi cari-cari identitas untuk mengisi data tersebut.

Selanjutnya peserta harus mengakses link pendaftaran yang akan dilaksanakan secara online untuk lebih jelas berikut mekanisme pendaftaran SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN
  1. Kunjungi situs resmi https://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id/
  2. Mengisi formulir pendaftaran SBMPTN  bagi peserta umum,  sementara bagi peserta yang sudah ikut SNMPTN data bawaan akan terinput secara otomatis kalian peserta SNMPTN tinggal mengisi yang masih kosong.
  3. Data yang akan diisi meliputi data diri, data orang tua/wali kemudian data pendidikan, selanjutnya prestasi jika ada, kemudian pengisian portopolio untuk program studi seperti Seni dan Olaharaga.
  4. Selanjutnya peserta wajib mengunggah dokumen lain dan persyaratan SBMPTN untuk format dokumen bisa dibaca form tersebut isi sampai dengan selesai.
  5. Pelamar bidik misi harus melakukan verifikasi dengan mengisi PIN dan KAP peserta umum harap dilewatkan saja tahapan ini.
  6. Jika sudah silahkan lakukan finalisasi data dan klik selesai apabila semua data sudah terisi dengan benar.
  7. Tahap terakhir adalah cetak kartu peserta SBMPTN dan mengikuti intruksi selanjutnya.
  8. Proses pendaftaran telah selesai.

Dari beberapa rangkain pendaftaran SBMPTN diatas maka ada 3 katagori besar yang harus dilalui oleh peserta SBMPTN pertama ikut UTBK, sesuai jadwal yang diadakan biasanya serentak dengan pendaftaran SNMPTn, selanjutnya melengkapi persyaran dan yang terakhir daftar SBMPTN. Jika dibandingkan dengan dulu memang sedikit berbeda.

Sistem SBMPTN sebelumnya menggabungkan menjadi satu antara tes dan pendaftaran, sedangkan sistem SBMPTN yang baru dipisah, sekarang Seleksi PTN sudah ada lembaga khusus dimana setiap peserta harus lulus standarisasi dari lembaga melalui tes UTBK, kemungkin kedepan akan ada pembaruan dan penyesuaian lagi mengenai Tes Masuk PTN.

Untuk itu sebagai calon peserta SBMPTN kalian harus aktif mencari informasi baik dari situs resmi atau situs lainnya, agar tidak ketinggalan berita apabila seandainya ada update mengenai SBMPTN, semoga informasi yang kami sampaikan bisa membantu adik-adik untuk mendaftar SBMPTN, saya doakan kalian yang membaca artikel ini bisa lulus SBMPTN tahun ini amin. Semakin banyak yang mengaminkan doa maka doa akan terkabulkan dan tidak tertunda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ikut Tes UTBK & Mendaftar SBMPTN Terbaru 2020/2021"

Posting Komentar